Ombudsman Sulteng Minta Pemprov Terbuka Soal Virus Corona dan Tunjuk Juru Bicara Update Perkembangan

oleh -
KETUA OMBUDSMAN PERWAKILAN SULTENG, SOFYAN FARID LEMBAH

PALU, SULTENGNEWS.COM – Menyikapi informasi adanya dua warga Kota Palu yang saat ini sedang dirawat di ruang isolasi RS Undata, karena terindikasi virus vorona atau Covid 19, mendapat tanggapan dari Ketua Ombudsman Perwakilan Sulteng, Sofyan Farid Lembah.

Ketua Ombudsman Sulteng ini, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk terbuka menyampaikan informasi ke publik terkait virus corona, sehingga masyarakat tidak panik karena memperolah informasi dari sumber yang tidak kompeten.

“Yang paling penting juga adalah Gubernur harus menunjuk seorang juru bicara yang terus mengupdate perkembangan ke publik, sehingga informasinya tidak simpang siur,” ujar Sofyan Farid Lembah kepada sultengnews.com pada Minggu pagi (15/3/2020).

Dikatakan, juru bicara penanganan virus corona itu sangat penting, agar meminimalisir informasi yang tidak benar terhadap virus mematikan ini.

“Kalau ada juru bicara yang ditunjuk gubernur, teman – teman wartawan tak purlu bingung mencari informasi perkembangan virus corona di Sulteng, serta masyarakat juga tau penanganan yang telah dilakukan pemerintah,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemprov Sulteng juga tak perlu ragu dan khawatir untuk menyampaikan informasi jika benar sudah ada warga yang terjangkit virus corona. Hal itu kata dia, bukan sesuatu yang harus ditutup – tutupi.

“Sampaikan saja jika benar sudah ada warga yang terjangkit, lalu segera tunjuk juru bicara untuk mengupdate perkembangan ke publik,” pintanya.

Dia juga meminta Pemprov Sulteng untuk membuat kebijakan strategis untuk mencegah penyebaran virus corona, jika benar dua warga yang telah dilarikan ke RS Undata dan sedang dirawat di ruang isolasi itu positif terjangkit virus corona.

“Kita ber doa, semoga sudara kita yang sedang dirawat di ruang isolasi RS Undata itu, negatif virus corona,” imbuhnya.

Meski demikian, ka Iyan sapaan akrab ketua Ombudsman Sulteng ini menghimbau kepada seluruh masyarakat Sulteng agar tetap waspada dengan terus menjaga kesehatan dengan rajin berolah raga, mengonsumsi makanan yang bergizi, serta selalu mencuci tangan setiap kali menyentuh sesuatu.

“Semoga daerah kita, bebas dari penyebaran virus corona. Amin,” tutupnya.

Sebelumnya, dua warga Palu di larikan ke RS Undata dan dirawat di ruang isolasi, karena terindikasi terjangkit virus corona. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *