Muharam Nurdin : Tambang Tidak Memberikan Dampak Signifikan Terhadap Pendapatan Daerah

oleh -
Wakil Ketua DPRD Sulteng, Muharram Nurdin saat memimpin pertemuan dengan DPRD Sulbar. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Muharam Nurdin menyebutkan tambang yang ada di Sulteng tidak memberikan dampak signifikan terhadap pendapatan daerah.

Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan DPRD Sulawesi Barat di ruang Baruga DPRD Sulteng, Jumat (10/07/2020).

“Kalau dari potensi sumber daya alam Sulawesi Tengah ini kaya, tapi untuk tambang yang ada ternyata tidak bisa memberikan dampak yang signifikan untuk peningkatan pendapatan daerah,” sebutnya.

Menurutnya, seperti halnya PT IMIP yang ada di Kabupaten Morowali yang konon katanya ramai dan mirip Kota Hongkong, namun juga tidak bisa memberikan dampak terhadap pendapatan daerah.

“Tidak seperti yang kami harapkan,” uharnya.

Olehnya, ada staf ahli bidang pertambangan yang ditugaskan untuk mengkaji agar supaya investasi tambang sebesar itu, seharusnya mendapatkan pendapatan yang signifikan. Seharusnya juga daerah dapat fee 10 persen, tapi Sulteng belum bisa menerapkan itu karena harus ada perusahaan daerah yang mengelola pertambangan.

“Karena salah satu persyaratannya untuk mendapatkan fee 10 persen, di Sulawesi Tengah harus ada perusahaan daerah yang mengelola tambang,” tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *