Monalisa, Jadi Lukisan Termahal di Dunia Hingga 11 Trilun; Inilah Sosoknya Sesungguhnya..!

oleh -
Lukisan Monalisa karya salah satu manusia jenius Leonardo da Vinci. FOTO : IST

SULTENGNEWS.COM – Lukisan Monalisa karya salah satu manusia jenius Leonardo da Vinci, merupakan lukisan termahal di dunia jika dijual.

Lukisan Monalisa itu, pernah diasuransikan oleh Pemerintah Prancis hingga 100 juta dolar atau jika di rupiahkan bisa mencapai 11 triliun lebih dengan kurs 14.000/dolar.

Siapa sebenarnya sosok Monalisa yang menggemparkan dunia melalui lukisan Leonardo da Vinci itu..?

Helmy Yahya di akun youtube miliknya, memberikan keterangan bahwa dari beberapa sumber disebutkan sosok Mona Lisa adalah gadis Italia yang merupakan istri dari Bupati Giohondak di Italia kala itu.

“Lukisan ini dibuat Leonardo atas permintaan raja prancis dan memintanya ke Prancis dan menyelesaikannya disana, sehingga lukisan ini menjadi milik pemerintah Prancis,” kata Helmy Yahya.

Lukisan Monalisa pernah hilang pada tahun 1911 dan akhirnya bisa ditemukan kembali. Saat ditemukan, orang akhirnya tahu bahwa lukisan itu sangat mahal sekali karena merupakan karya pelukis jenius Leonardo da Vinci.

Karena pernah hilang, Pemerintah Prancis lalu mengasuransikan lukisan itu dengan nilai hingga 100 juta dolar atau jika di rupiahkan bisa mencapai 11 Triliun.

Namun, lukisan Monalisa tidak diperjual belikan. Lukisan itu kini disimpan di Moseum Louvre, Prancis dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Prancis untuk melihat langsung lukisan Mona Lisa.

Lukisan Leonardo da Vinci lainnya yang juga sangat mahal harganya adalah lukisan dengan judul Salvator Mundi.  Lukisan ini pernah hilang, hingga akhirnya pada tahun 1900 ditemukan. Lalu hilang lagi dan pada tahun 1958 ditemukan kembali dan dilelang dengan harga 125 dolar kala itu.

Namun pada tahun 2017, lukisan Salvator Mundi dilelang dan laku dengan harga 450 juta dolar atau jika dirupiahkan mencapai Rp7 Triliun. Inilah lukisan termahal di dunia yang pernah tercatat dan pembelinya adalah pangeran dari arab.

Salvator Mundi adalah istilah dalam bahasa latin yang berati ‘Penyelamat Dunia’.

Untuk diketahui, Leonardo da Vinci lahir di Anchiano, Italia pada 15 April 1452. Dia adalah seorang pelukis, pemahat/pematung, arsitek, penemu, ilmuan, penulis dan filusuf asal Italia di masa Renaisance. ***

Penulis : Mahful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.