Milad Ke-30 Tahun, Koperasi Mahasiswa Al-Iqtishad Dibutuhkan Sinergitas dari Pimpinan Perguruan Tinggi

oleh -
Eks Ketua Koperasi Mahasiswa (Kopma) Abdul Wahab (kanan), didampingi pendiri Kopma Memet (tengah), saat menghadiri MILAD Kopma Al-Iqtishad UIN Datokarama Palu, Minggu (3/7/2022) malam. FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

PALU, SULTENGNEWS.COM – Perayaan Milad ke-30 Tahun Koperasi Mahasiswa (Kopma) Al-Iqtishad UIN Datokarama Palu, dibutuhkan adanya sinergitas pimpinan perguruan tinggi, dalam upaya mengembangkan salah satu Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) untuk membantu mahasiswa maupun masyarakat sekitar.

Eks Ketua Kopma STAIN Datokarama Palu tahun 1998-2001 Abdul Wahab, mengatakan, Koperasi Mahasiwa sejak berdirinya pada awal tahun 1992 lalu, hingga kini telah mengalami empat kali alih status perguruan tinggi.

Bahkan, beberapa kali ketua yang menjabat sebagai ketua Kopma telah berganti-ganti seiring dengan peralihan status dari perguruan tinggi yang saat ini beralih status menjadi UIN Datokarama Palu.

“Koperasi mahasiswa Al-Iqtishad UIN Datokarama Palu ini sudah melewati tiga dekade atau telah melewati empat kali peralihan status perguruan tinggi, dari yang sebelumnya didirikan Kopma tahun 92 masih berada dalam naungan IAIN Alauddin Makassar, dengan ketuanya Muhammad Sandiri La’anto (Memet),” ungkap Abdul Wahab kepada SultengNews,com, Minggu (3/7/2022) malam.

“Semoga dengan ulang tahun ini, semua pihak terkait, termasuk para pengurus bisa mengembangkannya di kampus, bisa membuka usaha-usaha yang bisa membantu mahasiswa-mahasiswa itu sendiri. Seperti usaha foto kopi, ATK, simpan pinjam atau mungkin hal-hal yang dbutuhkan oleh mahasiswa UIN Datokarama Palu itu sendiri,” sambung dia.

Selain itu, Abdul Wahab menambahkan, upaya dalam mengembangkan usaha Kopma Al-Iqtishad UIN Datokarama Palu jangan hanya berfokus di kampus I saja, melainkan pula melirik dan mengambil peran untuk bisa mengembangkannya di kampus II UIN Datokarama Palu, yang ada di desa Pombewe, kecamatan Sigi Biromaru, Sigi.

“Saya berharap juga di kampus 2 karena aksesnya susah mencari toko atau warung. Mungkin keberadaan koperasi mahasiswa ini bisa mengambil terobosan untuk membuka usaha di kampus 2. Demi memberikan kesejahteraan bagi mahasiswa maupun anggota Kopma,” sebutnya.

Olehnya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kopma Al-Iqtishad UIN Datokarama Palu tidak akan bisa mengembangkan usahanya tanpa dukungan penuh dari pimpinan perguruan tinggi.

Sehingga, harap Abdul Wahab, adanya sinergitas yang baik dari pengurus Kopma dengan pimpinan perguruan tinggi, kedepannya dapat melahirkan UKM yang bisa bersinergi dalam membantu segala kebutuhan-kebutuhan mahasiwa maupun bagi masyarakat sekitar.

“Saya mohon dukungan dari pimpinan perguruan tinggi untuk membina semua UKM, khususnya UKM yang konsen terhadap peningkatan kebutuhan mahasiswa UIN Datokarama Palu dan masyarakat sekitar,” harap Abdul Wahab.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.