Menggenjot Percepatan Implementasi Renstra UIN Datokarama Palu

oleh -
Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag. FOTO : IST

Menuju Pembangunan Masyarakat Sulawesi Tengah Yang Maju dan Sejahtera
PALU, SULTENGNEWS.COM – Upaya penggenjotan percepatan implimentasi Rencana Strategi (Renstra) UIN Datokarama Palu 2020-2024 secara masif, salah satu upaya besar untuk bisa menuju peradaban World Class University (kampus Internasional), bagian dari menciptakan pembangunan masyarakat Sulawesi Tengah, maju dan sejahtera.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag, mengungkapkan, saat ini UIN Datokarama Palu menggenjot, memacu terus pengembangan kelembagaan agar UIN Datokarama Palu bisa mengakselarasikan kelembagaannya ke puncak World Class University, sebagai bentuk membangun pembangunan masyarakat Sulawesi Tengah yang berdaya saing dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Dalam rangka upaya tersebut, lanjut Prof. Dr. Abidin, ada tiga agenda besar secara akademik kelembagaan yang tengah di persiapkan oleh UIN Datokarama Palu, diantaranya, pada tanggal 2 Maret 2022 pelaksanaan kuliah umum semester genap tahun akademik 2021/2022, pelaksanaan wisuda akbar tanggal 23 Maret 2022 serta penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

“Kita disini terus berpacu secara massif, tidak lain dalam rangka pengembangan kelembagaan UIN Datokarama Palu sebagai bagian dari puncak World Class University dan pengembangan sumber daya manusia Sulawesi Tengah. Kenapa, karena kalau kita sebut UIN Datokarama Palu, itu pasti kita sebut pula pemberdayaan masyarakat Sulawesi Tengah di bidang pendidikan,” ungkap Prof. Dr. Abidin Djafar kepada SultengNews.com, Kamis (15/2/2022).

“Mengapa demikian, karena di kelembagaan UIN Datokarama Palu sendiri telah memiliki pengembangan struktur kelembagaan dan kerjasama, diantaranya kita telah memiliki pusat pengadaan struktur karier dosen, pusat penerbitan UIN Datokarama Press, serta memiliki kelembagaan Pusat Halal Center UIN Datokarama Palu,” sebutnya.

“Dalam kaitan itu, agenda penting yang ada di kalender akademik dan sedang kita programkan saat ini yakni tiga poin yang mendasar, diantaranya pelaksanaan kuliah umum semester genap dengan mendatangkan narasumber Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Pendis Kementeria Agama RI M. Adib Abdushomad, pelaksanaan wisuda dan terakhir tetap dengan penerimaan mahasiswa baru jalur SPAN,” sambung Prof. Abidin.

Olehnya, mewakili kelembagaan kampus UIN Datokarama Palu, Prof. Abidin berpesan, agar UIN Datokarama Palu bisa terus kokoh, dan memperkuat sesuai dengan hirarki yang sudah dibangun secara bersama, baik Rencana Induk Pengembangan (RIP), Renstra, Renop (Rencana Operasional), serta Program Tahunan (Prota), yang bermuara nantinya menuju suatu pencapaian puncak World Class University, tentunya kepada masyarakat Sulawesi Tengah untuk tetap mempercayakan putra-putrinya menimbah ilmu di kampus UIN Datokarama Palu.

Ini pula tegas Prof. Dr. Abidin Djafar, sangat sejalan dengan visi misi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah, untuk mencerdaskan masyarakat Sulawesi Tengah, dengan cara memanusiakan manusia secara adil dan beradab.

“UIN Datokarama Palu sebagai lembaga pendidikan di Sulawesi Tengah, tentu memiliki pekerjaan besar dengan menjadikan masyarakat Sulawesi Tengah menjadi manusia yang unggul, bermartabat, serta memiliki wawasan skala internasional. Untuk bisa mencapai demikian, maka kami minta kesediaan kepada orang tua untuk mempercayakan putra-putrinya kuliah di UIN Datokarama Palu,” kata Prof. Dr. Abidin Djafar.

“Insya Allah, harapan kita bersama, harapan seluruh masyarakat Sulawesi Tengah, pemerintah daerah, kelak kampus UIN Datokarama Palu bisa lebih unggul dan berdaya saing, dan harapan kita bisa berada dalam level puncak sebagai kampus Internasional atau World Class University nantinya,” tegas Prof. Dr. Abidin Djafar.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.