Mengemban Tugas Baru, Beberapa Poin Jadi Fokus Utama

oleh -
DEKAN FTIK UIN Datokarama Palu, Dr. Askar, M.Pd. FOTO : IST

Mengembangkan Kerjasama dalam Bekerja Berbasis Rasa Kekeluargaan Yang Tinggi

PALU, SULTENGNEWS.COM – Setelah resmi dilantik Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M. Pd beberapa waktu lalu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Dr. H. Askar, M.Pd, telah menemukan beberapa poin yang menjadi focus utama untuk segera di rumuskan penyelesaiannya.

Kampus II UIN Datokarama Palu, di desa Pombewe, kecamatan Sigi Biromaru, kabupaten Sigi.
FOTO : IST

Dekan FTIK UIN Datokarama Palu Dr. H. Askar, M.Pd, mengungkapkan, di awal-awal menjabat sebagai Dekan FTIK, beserta dengan jajaran pimpinan telah merumuskan sejumlah program atau poin mendasar, untuk dijadikan sebagai dasar pijakan dalam mengemban amanah sebagai Dekan FTIK UIN Datokarama Palu.

“Di awal-awal masa jabatan ini, saya sebagai Dekan dan Wadek kemudian langsung mencari hal-hal yang baik untuk dilanjutkan dan yang belum kita lakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi itu pula baru kemudian dalam satu minggu terakhir ini kita melakukan koordinasi-koordinasi akademik,” ungkap Dr. Askar kepada SultengNews.com, Kamis (27/1/2022).

“Mulai dari penerimaan mahasiswa baru sampai pada pelaksanaan ujian, itu hal-hal yang baiknya kita teruskan. Kemudian hal-hal yang masih perlu untuk kita tingkatkan lagi,” sambung Dr. Askar.

Selanjutnya, kata Dr. Askar, pada saat yang sama perlu pula menyelesaikan atau mengklierkan serta mendukung keputusan Kementerian Agama RI Pusat, mendukung program Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, yakni bagaimana menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di lingkungan kampus II FTIK UIN Datokarama Palu, beralamat di desa Pombewe, kecamatan Sigi Biromaru, kabupaten Sigi.

“Ini juga sudah kita petakan, apa yang kita lakukan terlebih dahulu (perioritas),” sebutnya.

“Pemataannya itu adalah kita lebih dulu mau melihat bagaimana kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), ini kita rumuskan dahulu. Bagaimana dengan mata kuliah yang 20 SKS, magang ditempat kerja, kemudian apakah dengan pengabdian ataukah riset dan sebagainya,” beber Dr. Askar.

“Itu sudah kita ketemukan formulanya. Insya Allah dalam waktu dekat ini kita sudah tentukan besaran-besaran SKS dan mata kuliahmya,” katanya menambahkan.

Setelah itu, tahapan selanjutnya, dilanjutkan dengan rencana melakukan ajang silaturahmi ke Bupati Sigi, dalam rangka membangun kerjasama yang baik terkait dengan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kita tinggal menunggu sinyal dari bapak bupati Sigi, kapan beliau bisa terima kita untuk bisa bersilaturahim sekaligus memperkenalkan tugas baru sebagai Dekan di FTIK ini,” ungkapnya.

Selain itu, adanya program pembenahan di sekitar kampus II UIN Datokarama Palu, terkait dengan segala kebutuhan sarana prasarana penunjang yang tetap mengaitkannya program Rektor UIN Datokarama Palu, tentang rumusan standar pelaksanaan pembelajaran online di masa covid-19 saat ini.

“Oleh teman-teman di Wakil Dekan sudah merumuskan tentang standar pelaksanaan pembalajaran online. Kita sudah buatkan SOP nya, apa yang mesti dilakukan oleh mahasiswa dan apa yang mesti dilakukan oleh dosen, bagaimana proses pembelajarannya. Alhamdulillah, kita sudah rumuskan SOP sekaligus standar mutunya,” kata dr. Askar.

Hal yang terpenting pula, Dr. Askar tegaskan, telah membentuk panitia pengajuan Borang Program Studi untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi PPG (Pendidikan Profesi Guru (PPG) serta Prodi Pendidikan Agama Islam.

Dengan tujuan, tegas Dr. Askar, kedepannya dari ketiga Prodi tersebut yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama Palu, bisa lebih meningkat lagi status akreditasinya.

“Insya Allah, mudah-mudahan, dengan adanya pengajuan Borang ini ada yang meningkatkan nilai akreditasinya. Mungkin yang dulunya B bisa sekarang berubah menjadi unggul, yang C bisa menjadi B dan seterusnya. Itu juga sudah kita rencanakan pelaksanaannya,” katanya.

Untuk itu, karena berada di kampus II UIN Datokarama Palu, dengan memiliki ragam masalah yang dihadapi, baik oleh karena jarak tempuh yang jauh dan sebagainya, tentunya Dr. Askar, menekankan dan mengharapkan agar semua insane akademik tetap membangun budaya kerjasajama yang baik dalam bekerja.

“Pokoknya di kampus II ini kita satu keluarga. Jadi, mengembangkan kerjasama ini berbasis rasa kekeluargaan yang tinggi. Sehingga kita menekankan bahwa di kampus II ini dibutuhkan pengabdian tingkat tinggi, keikhlasan yang tinggi pada saat yang sama membangun kekerabatan, membangun kekeluargaan untuk mengatasi semua pekerjaan, mengatasi semua problem yang kita hadapi,” tegas Dr. Askar.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.