Mendata, Menata, Menertibkan Bangunan, Adipura Dapat Diraih

oleh -
Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Palu, Mohammad Rizal. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota Palu dalam rangka mensukseskan program Wali Kota Hadianto Rasyd dan Wakil Wali Kota Palu Renny A. Lamadjido, untuk meraih Adipura tahun 2023 mendatang, Pemerintah Kota Palu sedang giatnya melakukan pendataan, penataan, penertiban, seluruh bangunan yang ada di kota Palu.

Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan (DPRP) Kota Palu Mohammad Rizal, menyebutkan, secara umum bahwa pemerintah kota akan melakukan pendataan bangunan, sebagai wujud dari mensukseskan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu untuk meraih Adipura tahun 2023 mendatang.

“Jadi, diminta kerjasama masyarakat untuk bisa memberikan data dan informasi yang benar kepada petugas kita yang akan melakukan pendataan,” ungkap Rizal kepada SultengNews.com, Rabu (12/1/2022).

“Karena pendataan ini penting bagi kita semua terutama bagi pemerintah supaya bisa mengatur programnya, tentang apa-apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat. Masyarakat kita minta untuk ikut membantu pendataan tersebut misalnya tentang bangunan, apakah bangunan itu sudah ada atau belum IMBnya atau sekarang dikenal dengan istilah Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), apakah bersertifikat atau belum dan sejenisnya,” kata dia.

Mengapa ini dilakukan, kata Rizal, agar dalam membangun nantinya setelah memiliki IMB atau PBG bagi pemilik bangunan, tidak keliru dalam membangun yang menyebabkan membuat rugi kepada pemiliknya di kemudian hari karena mau tidak mau bangunan yang sudah dibangun bakal dibongkar kembali (belum miliki izin).

“Jika mau melakukan pembangunan segera melakukan proses untuk bisa diterbitkan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), agar mereka membangun tidak keliru supaya tidak akan menimbulkan kerugian di belakng hari nanti, karena kalau tidak sesuai, konsekuensinya harus dibongkar. Maka secepatnya pada saat rencana mau membangun untuk mengurus PBG,” sebutnya.

Kemudian, petugas pendataan akan mulai melakukan pendataan seluruh bangunan yang ada di kota Palu (berizin atau tidak), direncanakan mulai on progress pada awal bulan April 2022 mendatang.

“Insya Allah tri wulan kedua atau awal bulan April, kita sudah lakukan pendataan sekaligus penertiban bangunan,” katanya menambahkan.

“Mohon kerjasama masyarakat, agar kita harapkan bersama bangunan kota Palu bisa tertata lebih baik lagi kedepannya, dan seluruh bangunan baik milik perorangan warga dan lainnya, semuanya sudah berizin,” jelas Mohammad Rizal.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.