MenataTata Kelolah Yang Baik Untuk Take Up Menuju Performan

oleh -
Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag. FOTO : IST

Salah Satu Kegiatan Prioritas UIN Datokarama Palu Yakni Akreditasi Lembaga Menjadi BAIK SEKALI

PALU, SULTENGNEWS.COM – Lembaga kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, saat ini tengah berupaya semaksimal mungkin untuk terus membangun tata kelolah yang baik, memperkuat pondasi yang kokoh, agar bisa Take Up (mengambil) peran dalam menuju tahap Perfoman (tahap kedua).

Sebelum nantinya melangkah ke tahap ketiga yakni tahap kompetitif dan selanjutnya tahap keempat menjadi pusat peradaban islam berbasis integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal di lembaga kampus UIN Datokarama Palu, pada tahun 2039 mendatang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Abidin Djafar, S.Ag, M.Ag, mengatakan,  salah satau langkah yang tengah dilakukan oleh tim panitia yang dibentuk oleh Rektor UIN Datokarama Palu Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, saat ini ialah perioritas persiapan akreditasi lembaga UIN Datokarama Palu menjadi BAIK SEKALI dengan menggunakan BORANG KRITERIA 9.

Upaya atau langkah ini, sambung Prof. Abidin, untuk mensiasati agar permasalahan batas akhir nilai akreditasi lembaga yang selama ini masih menggunakan nilai akreditasi lembaga kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, bakal berakhir pada tanggal 21 Oktober 2022 atau sisa enam bulan lagi, bisa segera berubah nilai akreditasi menggunakan BORANG KRITERIA 9 dan telah berubah nama akreditasi lembaga kampus IAIN Palu ke lembaga kampus UIN Datokarama Palu.

“Kita mengharapkan dengan tata kelolah yang baik, memiliki kekuatan-kekuatan data penjaminan mutu pendidikan yang baik, memiliki data jumlah alumni yang telah bekerja cepat setelah kuliah, dengan menggunakan jalur akreditasi Instrumen Suplemen Konversi (ISK), agar paling lambat tanggal 21 Oktober 2022, nilai akreditasi sudah menggunakan nama lembaga kampus UIN Datokarama Palu, dengan nilai akreditasi BAIK SEKALI pada nilai akreditasi BORANG KRITERIA 9,” kata Prof. Abidin Djafar kepada SultengNews.com, Kamis (7/4/2022).

“Kita berharap kampus UIN Datokarama Palu bisa Take Up ke tahap selanjutnya. Kalau sekarang kita masih beradap di tahap pertama atau tahap dalam menata tata kelolah yang baik,” sambung Prof. Dr. Abidin Djafar.

Prof. Dr. Abidin sampaikan, saat ini pihaknya sangat mempercayakan kepada tim panitia perumus matrikulasi atau menggunakan indicator-indikator penilaian akreditasi Borang KRITERIA 9, yang bekerja maksimal sehingga target yang diharapkan oleh lembaga kampus UIN Datokarama Palu bisa tercapai dengan sasaran yang tepat.

“Insya Allah seluruh dokumen pelengkap untuk pengajuan akreditasi lembaga kampus UIN Datokarama Palu melalui jalur ISK akan selesai pada akhir bulan April, bulan ini. Kita mau nilai akreditasi telah menggunakan BORANG KRITERIA 9 dengan nilai BAIK SEKALI. Kalau sudah menjadi BAIK SEKALI, baru kedepannya kita akan perjuangkan kembali untuk nilai akreditasi menjadi UNGGUL,” sebutnya.

Untuk itu, harapan dari Prof. Dr. Abidin Djafar kepada seluruh panitia perumus, agar bekerja sesuai dengan petunjuk, arahan dan saling koordinasi, sehingga target dan sararan untuk mencapai titik keberhasilan yang ingin digapai dengan nilai AKREDITASI BAIK SEKALI pada BORANG KRITERIA 9, dapat terwujud secara maksimal.

“Lengkapi dokumen yang masih kurang untuk terus dilengkapi, kumpulkan data sesuai indicator-indikator penilaian, dan jangan lupa, bekerja sesuai dengan arahan atau koordinasi yang baik,” harapnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.