Mei 2022, Pemkot Palu Kucurkan Bantuan Modal Usaha UMKM di Kecamatan Tawaeli

oleh -

PALU,SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu berencana akan mengucurkan bantuan modal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Tawaeli.

“Bulan Mei kita akan kucurkan program pemberian modal usaha UMKM untuk masyarakat yang berada di Kecamatan Tawaeli khususnya kelurahan Mpanau, sebanyak 4000 penerima modal usaha ini dan tersebar di seluruh Kecamatan Tawaeli. Jadi bukan hanya kita yang berada di sini yang akan menerima tapi semua pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tawaeli,” ungkap Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid SE saat pertemuan bersama masyarakat yang berada di Kelurahan Mpanau, Rabu (9/02/2022).

Sementar itu, Terkait Hunian Tetap (Huntap) satelit untuk masyarakat Kelurahan Mpanau, Walikota Palu menegaskan bahwa pada bulan April pengerjaan Huntap akan segera dimulai.

Walikota juga berencana untuk membangunkan pasar ikan untuk masyarakat yang berada di Kelurahan Mpanau tepatnya pada lokasi bekas bencana alam tsunami beberapa tahun lalu, sebab tanah yang berada di bibir pantai tersebut terkena zona merah yang artinya dilarang untuk mendirikan bangunan/hunian perumahan.

“Untuk Huntap satelit untuk masyarakat Kelurahan Mpanau yang terdampak bencana Tsunami bulan April sudah mulai pengerjaan, dan tempat kita sudah cari solusinya dikarenakan untuk mencairkan bantuan Huntap dari Pemerintah Pusat syaratnya harus tidak berada pada zona merah,” tambah Wali Kota.

Menurut Wali Kota, dengan adanya aturan itu, maka dilarang mendirikan bangunan 100 meter dari bibir pantai, sehingga solusi yang didapatkan oleh Pemkot Palu yaitu lokasi pembangun Huntap satelit disetujui di Anja yaitu tanah Wali Kota sendiri yang  dihibahkan untuk membangun Huntap.

“Jadi tanah yang terkena zona merah ini, kalau masyarakat setuju akan kita kaji untuk dibangun pasar pelelangan ikan,” terang Wali Kota.

Tahun ini, Pemkot Palu sudah mulai menjalankan program pembuatan perahu untuk nelayan, bukan hanya perahu tetapi kapal dan tahun ini 10 kapal yang akan dibuat. Untuk perahu  ditargetkan tahun ini akan membuat sebanyak 150 perahu. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.