Media Sosial Masuk Dalam Pengawasan Bawaslu Sulteng

oleh -
Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen saat ditemui sultengnews di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, Kamis (24/09/2020). FOTO : MIFTAHUL AFDAL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Media sosial atau media internet, masuk dalam pengawasan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen saat ditemui sultengnews di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, Kamis (24/09/2020).

“Terkait dengan pengawasan di media sosial itu masuk dalam salah satu objek pengawasan pemilihan, karena masuk dalam metode kampanye dan juga diatur dalam peraturan sekaitan dengan Pilkada,”ujarnya.

Dikatakan, pihaknya pengawas menyiapkan perangkat Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memberikan pemahaman untuk pengawasan, yakni subjeknya harus jelas, bahwa akun media sosial pasangan calon harus di daftarkan resmi di KPU.

Diterangkan, akun tersebut tidak memuat konten kampanye yang bermaksud menyebarkan ujaran kebencian, hoax dan seterusnya.

“Ketika akun resmi tersebut memuat konten yang dilanggar, maka kewenangannya ada di pengawas, ketika ada indikasi pelanggaran, maka pengawas akan melakukan penindakan di gakkumdu,” tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *