Massa Aksi Geram, Bakar Camp Penambang di Tinombo Selatan

oleh -
Camp penambang yang di bakar massa aksi di Desa Oncone Raya, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : IST

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tani Tinombo Selatan (ARTI) merasa geram hingga membakar camp penambang di Desa Oncone Raya, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Pasalnya, permintaan penutupan aktifitas tambang emas di Desa Oncone Raya telah dilakukan ARTI sejak 2016 silam, namun sampai saat ini belum dihentikan.

Bahkan, beredar issue bahwa yang di bakar merupakan musholla salah satu tokoh agama di Desa Tada Selatan. Namun, tudingan itu dibantah Kordinator Lapangan (Korlap) Aksi ARTI, Agung bahwa yang dibakar adalah camp penambang bukan musholla. Diduga pula, tokoh agama berinisial U terlibat dalam aktifitas pertambangan di desa tersebut.

“Itu camp bukan musholla dan itu bukan tempat majelis taklim,”ujar Agung kepada sultengnews, Rabu (03/03/2021).

Agung menerangkan, ditempat itu dikatakan akan dibangunkan musholla. Akan tetapi, kata dia, kalau memang akan ada pembangunan musholla, maka dengan adanya alat berat di lokasi tersebut, maka alat berat sudah bekerja untuk untuk proses pembangunan musholla. Namun, Agung menyayangkan bahwa alat berat hanya menggali lubang-lubang tambang.

“Tapi alat yang ada di samping koala (sungai) di tempat itu hanya menggali lubang tambang, bahkan ada mesin alkon juga disitu,”terangnya.

Agung juga meminta agar masyarakat tidak terprovokasi adanya issue pembakaran musholla, karena kata dia, tempat itu merupakan camp penambang sama sekali bukan musholla.

“Jadi masyarakat jangan sampai terprovokasi oleh issue yang berkembang, karena itu bukan musholla, hanya rumah-rumah (camp) tempat orang sholat kalau orang sholat di rumah begitu biasa, tapi bukan musholla,”ucapnya.

Agung menjelaskan, jika memang itu merupakan musholla tempat beribadah bagi umat muslim. Seharusnya, ditempat itu tidak ada mesin highbanker jet combo, tapi kenyataannya di camp itu terdapat mesin highbanker jet combo.

“Ada mesin jet disitu, musholla tempat suci tidak mungkin di taruh mesin jet,”jelasnya.

“Jadi bukan musholla yang di bakar itu,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *