Luncurkan Program ALPUKAT dan KASIHKU, Walikota : Jangan ada PUNGLI Dalam Pengurusan Dokumen Kependudukan

oleh -
Walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si saat meluncurkan program ALPUKAT dan KASIHKU di Kelurahan Duyu, Kamis (13/8/2020). FOTO : ALSIH MARSELINA/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pemeritah Kota Palu meluncurkan program Anak Lahir Pulang Bawa Akta (ALPUKAT) dan Program Kelurahan Sadar Miliki Dokumen Kependudukan (KASIKU) yang diluncurkan langsung Wali Kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si pada Kamis (13/8/2020).

Peluncuran program ALPUKAT ini, dimulai dari penyerahan secara simbolis Akta lahir dari Wali Kota kepada puskesmas dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIN) Nasana Pura yang diluncurkan secara online di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Sementara program KASIHKU, dimulai di Kelurahan Tipo dan Kelurahan Kabonena.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Rosida Thalib mengatakan, bagi masyarakat yang melahirkan, maka petugas puskesmas dan RSIA Nasana Pura dapat membuatkan secara langsung akta kelahiran dan kartu keluarga.

“Begitupun dengan masyarakat yang berada di Kelurahan Tipo dan Kabonena, tidak perlu lagi pergi ke kantor Dinas Dukcapil. Masyarakat yang datang ke kantor Dukcapil pun, akan diarahkan melalui sistem aplikasi online,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, pelayanan online Alpukat sebelumnya sudah berjalan sejak Januari 2020, dimana masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengurus dokumen kependudukan. Surat kependudukan, bisa dapat diterbitkan oleh penyedia operator di kelurahan berawal dari Maret tahun 2020.

Sementara Wali Kota Palu dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi serta rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada Yayasan Unicef serta Yayasan Karampuang yang telah membantu untuk layanan aplikasi tersebut.
Orang nomor satu Kota Palu itu menegaskan, terhadap petugas diharapkan tidak melakukan pungutan liar (Pungli) dalam layanan dokumen kependudukan.

“Jangan coba main-main, karena kami sudah mendapatkan satu orang yang mencoba-coba pungli dan kita sudah menemukan orang tersebut dan membawah ke ranah hukum agar segera diproses,”tegasnya.
Wali Kota juga meminta agar aturan pemerintah pusat terkait adanya pelayanan kepemilikan dokumen untuk dijelaskan dengan baik agar masyarakat bisa dapat memahami dengan baik. SIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *