LPM Perkuat Kurikulum Universitas Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu melaksanakan kegiatan penyelarasan kurikulum Universitas berbasis pada Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ke arah visi misi dalam pencapaian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ketua LPM UIN Datokarama Palu Dr. Askar, M.Pd, penyelarasan kurikulum ini dimaksudkan karena sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 61 Tahun 2021 Tentang Alih Status IAIN menjadi UIN Datokarama Palu, dengan salah satu amanahnya yakni melakukan integrasi keilmuan.

“Penyelarasan ini dimaksudkan sehingga arah kajian keilmuan di universitas, fakulktas dan prodi semakin jelas. Tujuannya pula untuk menyahuti tentang program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM),” ungkap Dr. Askar kepada SultengNews.Com, Kamis (25/11/2021).

“Yang kedua adalah kegiatan ini untuk mengimplementasikan Visi Misi Rektor UIN Datokarama Palu dan Visi Misi lembaga kaitannya dengan moderasi beragama,” sambung Dr. Askar.

Kemudian, penyelarasan kurikulum ini pula lanjut Dr. Askar, merupakan bagian dari arahan Kementerian Agama RI pusat agar lembaga perguruan tinggi UIN Datokarama Palu sudah berpartisipasi dalam visi misi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Maka kegiatan ini adalah menyeleraskan kurikulum baik kurikulum universitas, maupun kurikulum penciri Program Studi,” sebut Dr. Askar.

Katanya menambahkan, kaitanya dengan materi kurikulum integrasi ilmu, bagaimana bahan kajiannya lalu mata kuliahnya yang bisa dilabelkan dengan integrasi keilmuan seperti apa, maka selaku ketua LPM UIN Datokarama Palu, secara khusus mendatangkan para pakar di kampus untuk merumuskan bagaimana model integrasi keilmuan yang akan diterapkan di UIN Datokarama Palu nantinya.

“Peserta yang hadir memang kita sengaja undang pada penentu kebijakan karena dialah yang nanti mengatur dosen dan Program Studi di fakultasnya masing-masing,” ujar Dr. Askar.

“Jadi lagi-lagi pak Rektor tekankan selalu kedepannya yang berkaitan dengan orientasi peningkatan mutu di UIN Datokarama Palu,” jelas Dr. Askar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.