Logistik Pilkada Tolitoli Disalurkan KPU 100 Persen

oleh -
Logistik Pilkada Tolitoli di salurkan ke PPK Kecamatan Galang. FOTO : RAMLAN

TOLITOLI, SULTENG NEWS – Penyaluran logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Tolitoli 9 Desember 2020 di KPU Tolitoli rampung 100 persen.

“Hari pertama senin kemarin di delapan kecamatan, hari kedua di dua kecamatan, Galang dan Dakopemean,” terang komisioner KPU Tolitoli, divisi teknis, Alisman, Selasa (08/12).

Pendistribusian kotak suara dan surat suara berserta kelengkapan lainnya untuk pemungutan suara yang dilakukan KPU mendahulukan wilayah kecamatan yang paling jauh kemudian disusul di kecamatan yang terdekat dari kota Tolitoli.

“Seperti di wilayah kepulauan, misalnya Desa Kabetan Kecamatan Ogodide, Pulau Lingayan Kecamatan Dampal Utara dan pulau Lutungan penyaluran dimulai Senin kemarin,” ungkapnya.

Kotak suara dan surat suara yang didistribusi tersebut pengawalannya dilakukan ketat oleh aparat kepolisian dan TNI ke semua kecamatan, untuk daerah yang terpencil termasuk kepulauan telah dilakukan lebih awal.

“Wilayah yang terisolir disalurkan duluan karena untuk menghindari kendala di perjalanan,” tandas Alisman.

Ia mengatakan, selain kotak suara dan surat suara dan kelengkapan lainnya, sebelumnya KPU juga telah menyalurkan peralatan medis covid 19 berupa Alat Pelindung Diri (APD), masker, PCR, pelindung diri, sarung tangan dan lainnya.

“Totalnya kotak suara yang kita edar 1.008 buah sesuai jumlah 504 TPS, cotohnya di Galang ada 136 kotak dengan 68 TPS,” jelas divisi teknis itu.

Untuk penyaluran kotak suara dan surat suara setelah dari PPK di kecamatan sejanjutnya ke tingkat PPS di desa kemudian ke TPS.

“Kalau surat suara totalnya 154.013 termasuk ketambahan 2,5 persen dengan jumlah 150.009 DPT,” tutupnya. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *