Kwartir Ranting Pramuka Ampibabo Gelar Kemah Bersama di Desa Lemo Utara

oleh -

Camat Ampibabo Andi Syarif, S.Sos saat memimpin upacara peringatan pembukaan kemah bersama dalam rangka Hari Pramuka ke-58 tahun di Desa Lemo Utara. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

PARIGI MOUTONG, SULTENGNEWS.com – Kwartir Ranting Ampibabo menyelenggarahkan Kemah bersama untuk memeriahkan Hari Pramuka ke-58 tahun tingkat Kecamatan Ampibabo bertempat di Bumi Perkemahan Tapoya Indah Desa Lemo Utara Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan yang bertemakan “Kemah Pramuka Lomba Kreatif Penggalang (KLKP)” dibuka Camat Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong, Andi Syarif,S.Sos pada Senin, (05/08/2019).

Dalam kemah bersama itu, dilaksanakan berbagai jenis kegiatan diantaranya lomba keagamaan, lomba kesenian dan kegiatan-kegiatan kepramukaaan lainnya.

Camat Ampibabo Andi Syarif, S.Sos bersama Koordinator UPTD Pendidikan Ampibabo Azan, S.Pd.,M.Pd saat foto bersama usai upacara pembukaan kemah bersama. FOTO : ABDUL RIFAI/SN

Koordinator UPTD Disdikbud Kecamatan Ampibabo yang juga Ketua Kwartir Ranting Pramuka (Ka Kwaran) Azan, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan, kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama perkemahan yaitu lomba keagamaan (tartil dan hafalan Al-Qura’an), lomba kesenian (puisi, solo dan vocal groub), dan kegiatan-kegiatan kepramukaan lainnya untuk tingkat SD dan SMP.

“Semua tujuan lomba yaitu meningkatkan mental dan spiritual, keterampilan-keterampilan, serta pengembangan pengetahuan peserta kegiatan,” terangnya.

Camat Ampibabo yang juga Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Ka Mabiran), Andi Syarif, S.Sos dalam sambutannya berpesan kepada semua yang hadir untuk selalu melakukan inovasi dan selalu melakukan perubahan dalam bumi perkemahan dan di sekolah masing-masing, serta tetap menjaga semangat dan selalu melaksanakan tugas-tugas dan kewajiban sebagai pramuka yang mencintai bangsanya.

“Marila kita tingkatkan kegiatan ini dalam rangkaian membangun dan membina mentalitas generasi kita kedepan,” jelasnya.

Dikesempatan itu juga, camat menyampaikan rencananya yang akan menyumbangkan tanaman berupa bibit mangga 60 pohon dan bibit durian 60 pohon untuk ditanam dilingkungan perkemahan dengan harapan bibit pohon itu bisa dipelihara, dijaga dan dirawat supaya tumbuh menjadi tanaman yang bermanfaat yaitu sebagai pelindung dan tempat berteduh serta dapat diproduksi hasilnya.

“Nanti diukur saja lokasinya, berapa kebutuhan bibit tanamam pohon mangga dan durian yang dibutuhkan tutupnya,” katanya.

Sekretaris panitia kemah bersama, Kilman, S.Ag ditemui di tempat kegiatan menyampaikan, kegiatan kemah bersama itu sesuai jadwal, dilaksanakan selama tiga hari dua malam yaitu mulai dari Senin, (05/08/2019) sampai dengan Rabu, (07/08/2019).

Dikatakan, kegiatan ini diikuti oleh 32 sekolah yang terdiri dari 27 Sekolah Dasar (SD) dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Setiap sekolah mengirim 22 orang peserta yang terdiri dari 10 Orang Pa (laki-laki) ditambah satu orang pembina dan 10 orang Pi (perempuan) ditambah satu orang pembina serta difasilitasi oleh 22 orang anggota DKR. Jadi jumlah total pesertanya yaitu 726 orang,” jelasnya.

Dari pantauan sultengnews.com di lokasi perkemahan, setelah pembukaan selesai, panitia kemah bersama itu langsung melanjutkan kegiatan lainnya sesuai jadwal yang sudah ada. FIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *