Kuota PPDB SMP Negeri 4 Palu Belum Terpenuhi

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 4 Palu belum memenuhi kuota. Padahal untuk kuota keseluruhan yang dapat ditampung SMPN 4 Palu sebanyak 352 siswa. Akan tetapi untuk pendaftar peserta didik baru hanya berjumlah 303 siswa, sehingga SMPN 4 Palu masih membutuhkan sekitar 49 siswa untuk memenuhi kuota.

Dalam hal pemenuhan kuota, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Palu memberikan solusi, dengan melimpahkan siswa dari SMPN 1 Palu ke SMPN 4 Palu. Namun menurut Wakil Kepala Sekolah SMPN 4 Palu, Sulhan SPd MPd kebijakan Dikbud Kota Palu tidak sepenuhnya dilakukan.

“Kami kekurangan siswa untuk SMPN 4 Palu sebanyak 49 siswa dari jumlah pendaftar 303 siswa, jumlah kuota keseluruhan SMPN 4 Palu ialah 352 siswa. Sehingga untuk memenuhi kuota, kami mendapatkan tambahan siswa dari SMPN 1 Palu, namun ini data, berbeda dengan di lapangan. Pada saat pendaftaran kembali, untuk seleksi berkas dari jumlah pendaftar 303 ada beberapa yang tidak melakukan pendaftaran ulang, selanjutnya tambahan siswa dari SMPN 1 Palu dari 49 siswa, kenyataannya hanya 39 siswa itu pun yang masuk hanya 20 siswa,” tutur Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, SMPN 4 Palu, Sulhan SPd MPd kepada Sulteng News. Selasa (16/7/2019).

Sulhan menambahkan ada banyak faktor yang mempengaruhi berkurangnya jumlah siswa yang mendaftar di sekolah umum negeri. Salah satunya ialah menurunnya dekadensi moral. Sehingga kata dia, orang tua lebih memilih memasukkan anak mereka, di sekolah yang mata pelajaran agamanya lebih banyak.

Lebih lanjut sambungnya, 28 septempemer 2018 memiliki dampak psikologis tersendiri bagi masyarakat Kota Palu, guna lebih memerhatikan pendidikan agama untuk anak-anak mereka. NAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *