KTP PNS Tidak Boleh Jadi Syarat Dukungan Calon Perseorangan

oleh -

Komisioner KPU Kota Palu Divisi Teknis, Iskandar Lembah saat menyampaikan materi sosialisasi di Kafe Tanaris, Selasa (19/11/2019). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, kembali melakukan sosialisasi tahapan Pilkada Kota Palu tahun 2020 di Kafe Tanaris Jalan Juanda, Selasa (19/11/2019).

Komisioner KPU Palu Divisi Teknis, Iskandar Lembah dalam sosialisasi itu menyampaikan, bagi calon perseorangan yang ingin memasukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat dukungan, tidak boleh menyertakan KTP Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai pendukung, karena PNS tidak boleh terlibat dalam dukung mendukung Calon Walikota dan Wakil Walikota.

“Jika ada PNS yang tetap mendukung pasangan calon melalui KTP, maka yang bersangkutan harus mengisi form pernyataan dukungan yang akan disiapkan KPU Palu,” ujar Iskandar Lembah.

Olehnya, Iskandar berharap semoga Pilkada tahun 2020 tidak ada PNS yang terlibat secara langsung mendukung pasangan calon kepala daerah yang mendaftar ke KPU Kota Palu.

Iskandar juga menegaskan, bagi pasangan calon perseorangan tidak diperkenankan memasukan syarat dukungan KTP dengan dicicil atau diangsur – angsur, tetapi harus memasukkannya secara keseluruhan yakni 21.396 yang merupakan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Palu sebesar 213.957 pemilih.

“Kita berharap, syarat dukungan bagi calon perseorangan dapat memasukan syaratnya sesuai jadwal yang ditetapkan KPU,” tutupnya.

Sosialisasi kali ini, dihadiri oleh masyarakat umum, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, camat, lurah dan para pemilih pemula. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *