KPU Touna Belum Kelurkan Data Perolehan Resmi Pilkada

oleh -
Ketua KPU Touna Dirwansyah Putra

TOUNA, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tojo Una-Una (Touna), belum mengeluarkan data resmi perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna.

“Belum ada data resmi yang dikeluarkan KPU, Baik Presentase maupun perolehan Suara,” ujar Ketua KPU Dirwasnyah Putra saat dikonfirmasi, Senin malam (09/12/2020).

Menurut Dirwansyah, pihaknya belum mengelurkan presentase sebelum Proses berakhir.

“Terkait dengan Hasil Resminya, kami dari KPU ada proses Rekapitulasi Berjenjang,” ucap Dirwansyah.

Terkait Presentase yang beredar kata Dirwansyah, mungkin saja presentase dari pihak lembaga survei dari masing-masing Paslon.

“Mungkin itu lembaga survei independent atau dari masing-masing calon dan kami juga tidak tahu,” tegas Dirwansyah.

Dirwansyah menambahkan, rekapitulasi secara berjenjang akan dimulai setalah seluruh data TPS sudah masuk di sekertariat PPK.

“Jika suluruh data TPS telah masuk di Sekertariat PPK, maka teman-teman PPK boleh melakukan Pleno, tahapannya memang di mulai dari tanggal 10 sampai 14, ” ucapnya.

Kata Dirwansyah, pihaknya tidak akan melarang perhitungan suara yang dilakukan oleh masing-masing Paslon, karena menurutnya pihak Paslon juga memiliki saksi di tiap TPS yang melaporkan angka-angka itu.

“Kami juga tidak bisah melarang masing-masing paslon merekap suaranya, karena mungkin saja Paslon memiliki saksi di tiap TPS yang melaporkan angka-angka itu,” katanya.

Dirwansyah berharap, masyarakat Touna dapat menerima informasi yang kredibel dan juga dapat mengawal proses rekapitulasi secara berjenjang yang di lakukan oleh KPU.

“Masyarakat lakukan pengawasan agar mengetahui proses rekapitulasi yang di lakukan oleh KPU, dan kami tetap terbuka dengan angka-angka rekap itu, karna itu adalah data publik,” pungkasnya. JFR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *