KPU Tolitoli PAW PPK Baolan, Ini Penyebabnya..!

oleh -
Ketua KPU Tolitoli Suleman Pajalani. FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENG NEWS – Jelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Tolitoli 9 Desember 2020, KPU melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan staf sekretariat PPK. Satu anggota PPK yang di PAW adalah dari PPK Kecamatan Baolan, sedangkan staf sekretariat dari PPK Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli.

Ketua KPU Tolitoli, Suleman Pajalani menerangkan pergantian mereka dikarena ada yang mengundurkan diri dan memilih bekerja di tempat lain.

“PAW dilakukan karena satu anggota PPK yang berhenti, begitupun sekretariat karena telah memilih menjadi PNS,” katanya yang dihubungi, Jumat (30/10/2020).

PPK yang berhenti alias mengundurkan diri di Kecamatan Baolan adalah Ihwan Latjanda digantikan Tasrim yang sebelumnya diposisi jabatan sekretaris, sementara posisi tersebut diisi Triana H Abunawa SE. Sedangkan staf sekretaris PPK Kecamatan Tolitoli Utara, Hendra yang beralih status menjadi PNS vertikal di PN Tolitoli digantikan Rusdianto.

Pelantikan terhadap ketiga jabatan tersebut berdasarkan Keputusan KPU Tolitoli No:123/PP.14.2-Kpt/7204/KPU-Kab/X/2020, diamana ketiganya dapat melanjutkan tugas yang dijalankan sebelumnya, diantaranya membantu KPU dalam melakukan tahapan Pilkada tahapan pemungutan suara pada Pilkada berakhir.

“Tugas dan kewenangan PPK diantaranya membantu KPU dalam melaksanakan tahapan Pilkada Tolitoli,” jelasnya.

Dalam tahapan Pilkada, tugas PPK diantaranya mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS, melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam rapat yang harus dihadiri oleh saksi peserta pemilu, mengumumkan hasil rekapitulasi perhitungan suara, menyerahkan hasil rekapitulasi suara kepada seluruh peserta pemilu, membuat berita acara penghitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilu, Panwaslu dan KPU. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *