KPU Tolitoli Bentuk PPDP, Usia Maksimal 50 Tahun

oleh -
Komisioner KPU Tolitoli, Muhadir. FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – KPU Kabupaten Tolitoli akan segera membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tolitoli pada 9 Desember 2020 mendatang dengan usia maksimal 50 tahun.

“Mereka yang menjadi PPDP usianya paling muda 20 tahun dan maksimal 50 tahun,” ungkap komisioner KPU Tolitoli, Muhadir, Senin (29/6/2020).

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM itu menjelaskan, dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada di Tolitoli untuk pembentukan PPDP yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kini sudah mencapai 90 persen, sementara 10 persennya tinggal menunggu kelengkapan berkas di dua kecamatan yaitu Ogodeide dan Baolan.

“Mereka yang direkrut ini harus berbadan sehat dan pernah dirapid test,” kata Muhadir.

PPDP sebagai penyelenggaran ad hoc dari unsur RT/RW atau masyarakat yang diusulkan Panitia Pemuguntan Suara (PPS) selaku penyelenggara di tingkat desa memiliki kegiatan untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Pemilu atau pemilihan terakhir dan mempertimbangkan DP4 dengan cara melakukan verifikasi faktual data pemilih yang selanjutnya digunakan sebagai bahan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilaksanakan oleh KPU.

“Tugas PPDP membantu PPS untuk pemutakhiran data pemilih,” jelas Muhadir.

PPDP yang dibentuk KPU Tolitoli totalnya berkisar 500 orang, mereka telah tersebar di 103 desa dan 6 Kelurahan pada 10 kecamatan di Kabupaten Tolitoli. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *