KPU Tolitoli Baru Tuntaskan Sirekap Pilgub Gubernur

oleh -
KPU saat Menggelar rakapitulasi perhitungan suara Pilgub dan Pilbub bersama PPK. FOTO : RAMLAN

TOLITOLI, SULTENG NEWS – Menu hitung suara Sistem Rekapitulasi (Sirekap) online di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 yang dituntaskan KPU baru Sirekap Pemilihan Gubernur (Pilgub), sementara Sirekap Pemilihan Bupati (Pilbub) tinggal di empat kecamatan di Tolitoli.

Dalam Sirekap menu hitung online KPU di Kabupaten Tolitoli Pason Gubernur 01 Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandiagala meraup suara 34.932 pemilih, Pason 02 Rusdy Mastura – Ma’mun Amir unggul diangka signifikan 90.395 suara.

Dari 150.009 DPT keseluruhan di Kabupaten Tolitoli jumlah pemilih yang datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya di Pilkada Tolitoli hanya sekira 128.239 pemilih, 125.327 pemilih diataranya merupakan suara sah, sementara suara tidak sah berjumlah 2.912 pemilih dan golput berkisar 21.870 pemilih.

Sementara, perhitungan suara Sirekap menu online untuk Pilbub yang dikerjakan KPU bersama PPK tinggal empat kecamatan, diantara Kecamatan Baolan, Galang, Dakopemean dan Kecamatan Tolitoli Utara. Enam kecamatan yang rampung meliputi Kecamatan Dampal Selatan, Dampal Utara, Dondo, Basisondo, Lampasio, Kecamatan Ogodeide.

” Yang Berlin terbaca tinggal empat kecamatan, insya Allah malam ini bisa dicapai 100 persen,” kata ketua KPU Tolitoli, Suleman Pajalani kepada wartawan, Rabu (16/12/2020).

Sirekap online yang sudah mencapai 100 persen untuk Pilgub ada sekitar 50 kotak, sementara Pilbub yang tersisah tinggal 24 kotak dari jumlah 54 kotak.

“Lambatnya Sirekap ini karena masih ada perdebatan ditingkat para saksi Paslon, tapi yakin malam ini akan rampung semuanya,” tandas Suleman.

Selain perdebatan, yang membuat keterlambatan menu hitung ini juga dikarenakan tidak memadainya jaringan internet ditingkat KPPS, padahal setiap dua orang dari anggota KPPS sudah diberikan fasilitas paket data yang dipergunakan untuk Sirekap online hitung cepat.

Sebelumnya Komisioner KPU divisi data, I Made Pariyanto mengatakan, sebanyak 50 PPK yang bertugas sebagai penyelenggara Pilkada dari 10 kecamatan di Kabupaten Tolitoli bersama KPU akan menuntaskan pengerjaan menu hitung Sirekap online hingga tiga hari lanya.

“Sirekap yang kita kerjakan pertama menu hitung Pilgub, lalu menyusul menu hitung Pilkada,” katanya. RML

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *