KPU Tolitoli Bantu Pemilih Lakukan Perekaman KTP Elektronik

oleh -
Kmisioner KPU Tolitoli, I Made. FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENG NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tolitoli, membantu 657 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tolitoli melakukan perekaman untuk mendapatkan KTP Elektronik.

Perekaman KTP dilakukan atas kerja sama KPU dengan pihak Disdukcapil di 10 kecamatan, untuk memperbaiki kualitas DPT pada Pilkada 9 Desember 2020.

“Karena kualitas DPT sekarang ini belum bagus, maka KPU membantu warga yang belum mempunyai e-KTP,” jelas Kmosioner KPU Tolitoli, I Made Pariyanto, Selasa (27/10/2020).

Dari 150.009 DPT di KPU untuk Pilkada Kabupaten Tolitoli, sekitar 4 persen pemilih yang belum mengantongi KTP. Para pemilih itu paling banyak ada di Kecamatan Dondo dengan jumlah 106 pemilih, menyusul Kecamatan Dampal Selatan sebanyak 102 pemilih, Dampal Utara 93 pemilih, Kecamatan Baolan 76 pemilih, Tolitoli Utara 55 pemilih, Lampasio 52 pemilih, Dakopemean 51 pemilih, Galang 48 pemilih, Basisondo 43 pemilih, yang paling buncit di lKecamatan Ogodeide 31 pemilih.

“Pada perekaman e-KTP ini, selain dengan Disdukcapil, KPU juga bekerja sama dengan para Kades,” tutur I Made.

Suksesnya Pilakada serentak tahun ini sangat ditunjang oleh DPT yang berkualitas, kalau DPT sebelumnya belum baik maka kali ini harus diperbaiki agar pada pesta demokrasi mendatang juga kembali sukses.

“Kualitas Pilkada ukurannya salah satunya DPT yang berkualitas,” tandas divisi perencanaan data di KPU itu.

Perbaikan kualitas DPT yang dilakukan KPU pengaruh e-KTP yang masih minim ditingkat pemilih karena pendataan yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) hanya berbasis Kartu Keluarga (KK), ratusan ribuan pemilih didata hanya mempunyai KK, namun tidak memiliki e-KTP.

“Kita target perekaman e-KTP ini akan rampung 100 persen dengan waktu dua pekan, karena antara kecamatan jarak berjauhan,” tutupnya. LAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *