KPU Sulteng Ingatkan Parpol B1 KWK Tidak Menimbulkan Masalah Internal Parpol

oleh -
KPU Sulteng saat melakukan bimbingan teknis. FOTO : MIFTAHUL AFDAL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Jelang pendaftaran bakal calon Pemilahan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Tengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengingatkan Partai Politik (Parpol) terkait surat keputusan pernyataan dukungan atau B1 KWK tidak menimbulkan masalah internal partai tersebut.

“Saya juga mengingatkan kepada parpol berkaitan dengan penerbitan persetujuan bakal calon dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing parpol, tidak menimbulkan masalah di internal partai, sehingga pada saat didaftarkan tidak ada masalah lagi,” kata komisioner KPU Sulteng, Syamsul Y. Gafur kepada wartawan selepas bimbingan teknis di aula kantor KPU Kota Palu, Sabtu (22/08/2020).

Dikatakan, dirinya telah menjelaskan berkaitan dengan pemenuhan syarat pencalonan, terutama terkait dokumen surat keputusan partai politik tingkat pusat mengenai persetujuan bakal pasangan calon yang didukung.

Menurut Syamsul, dari pemilihan-pemilihan sering terjadi masalah sekaitan dengan dokumen surat keputusan ini. Olehnya, KPU sebagai penyelenggara harus memastikan kepada partai politik agar sekiranya sebelum bakal pasangan calon di daftarkan, harus dipastikan dokumen B1 KWK sudah terpenuhi minimal alokasi kursinya.

“Kita belajar dari pilkada sebelumnya. Terkadang yang sudah di masa pendaftaran, ada parpol yang masih sementara mengurus B1 KWK, sebab banyak bakal pasangan calon didaftarkan pada masa injury time,”ujarnya.

Dia berharap, agar supaya persyaratan bakal pasangan calon diurus jauh hari sebelumnya, kemudian terkait pemenuhan syarat-syarat pencalonan.

Dia juga mengungkapkan, jika perlu bakal pasangan calon di daftarkan di awal waktu, sehingga kalau misalnya ada persyaratan yang kurang, masih ada waktu untuk melengkapi persyaratan tersebut.

“Pada pertemuan hari ini saya berharap nantinya bakal pasangan calon betul-betul Terkait pemenuhan persyaratan bakal calon sudah lengkap pada saat sebelum diajukan kepada KPU,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *