KPU Sulteng Gelar TOT Kehumasan Untuk KPU Kabupaten dan Kota Agar Pilkada Sukses

oleh -
Divisi Sosialisasi dan Palmas, Sahran Raden saat membuka secara resmi kegiatan Training Of Trainer (TOT) di Aula Kantor KPU Sulteng. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), melakukan Training Of Trainer (TOT) kehumasan kepada KPU dan Sekretariat KPU kabupaten dan kota di Aula KPU Provinsi Sulteng, Rabu (29/7/2020).

Ketua KPU Sulteng di Wakili Divisi Sosialisasi dan Palmas, Sahran Raden membuka secara resmi kegiatan itu. Dalam sambutannya Sahran Raden menyampaikan bahwa fungsi humas di dalam mensukseskan Pilkada sangat strategis.

Pilkada yang akan dilaksanakan di tingkat provinsi adalah Pemelihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Sementara ditingkat kabupaten dan kota yakni pemilihan bupati dan wakil bupati pada 7 Kabupaten dan Pemilihan Walikota dan Walikota .

“Fungsi Humas diharapkan dapat berkuwalitas guna mempublikasikan seluruh tahapan tahapan pilkada dan juga menyampaikan seluruh informasi dalam pelakasanaan Pilkada, sehingga tahapan Pilkada mendapat dukungan dari masyarakat yang memiliki kedaulatan,” ujar Sahran Raden.

Pada kesempatan itu Kabag Humas, Publikasi dan Dokumentasi Biro Humas dan Protokol, Adiman , SH, M.Si dalam kesempatan TOT kehumasan yang dilaksanakan KPU menyampaikan materi strategi humas dalam melakukan publikasi penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah.

Adiman, menyampaikan bahwa keberadaan humas dalam pemerintahan sangatlah strategis untuk memberikan informasi secara terbuka dan transparan kepada publik dan masyarakat tentang apa yang dilaksanakan pemerintah. Apalagi saat ini sudah ada undang – undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“Peranan humas dalam pemerintahan, terdapat dua fakta¬† yang mendasar. Pertama bahwa masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui apa yang dilaksanakan pemerintah untuk kepentingan masyarakat. Kedua ada kebutuhan bagi pejabat untuk menerima masukan dari masyarakat tentang persoalan yang dirasakan masyarakat untuk dapat dijadikan sebagai bahan dalam mengambil keputusan,” jelas Adiman.

Strategi yang dilakukan humas provinsi dalam melaksanakan publikasi kegiatan pemerintahan, dilakukan melalui media cetak dan media elektronik dan mengharapkan humas kabupaten/kota dapat melakukan hal yang sama serta meningkatkan kulitas untuk menyampaikan dengan baik seluruh tahapan pilkada, sehingga seluruh tahapan pilkada dapat berjalan dengan baik, Luber dan Jurdil.

“Melalui pilkada ini, kita bisa menghasilkan pemimpin terbaik untuk membangun dan mensejahtrakan masyarakat,” terang Adiman.

Dalam sesi diskusi, perserta TOT mengharapkan dukungan pemerintah daerah untuk turut membantu KPU dalam sosialisasi tahapan pilkada, sehingga seluruh tahapan pilkada dapat berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat.***

Sumber : Biro Humas dan Protokol Provinsi Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *