KPU Sulteng Gelar FGD Evaluasi Pemilu 2019

oleh -

Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen, bersama dua komisioner KPU Sulteng yakni Sahran Raden dan Samsul Y. Gafur saat menjadi narasumber pada FGD Evaluasi Pemilu 2019. FOTO : JABIR MOH. YAMIN

PALU, SULTENGNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar kegiatan Forum Grup Discusion (FGD) dengan tema “Evaluasi fasilitasi kampanye pemilu tahun 2019” di salah satu warkop di Kota Palu, Rabu (21/8/19).



Kegiatan ini menghadirkan Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen dan Komisioner KPU Sulteng Sahran Raden sebagai narasumber. Dalam kesempatan itu, Sahran Raden menyampaikan beberapa masalah pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 mulai dari Alat Peraga Kampanye (APK), pertemuan internal kandidat dan akun kampanye sosial media.

“Peserta pemilu tidak memberikan informasi kepada KPU tentang jumlah pemasangan alat peraga,” ujarnya.

Bahkan kata Sahran Raden, KPU juga tidak memiliki informasi terkait pelaksanaan kampanye dalam bentuk pertemuan terbatas antara calon dan tim, serta perserta pemilu juga belum tepat waktu dalam mendaftarkan akun media sosial kampanyenya.

Ketua Bawaslu Sulteng, Ruslan Husen dalam FGD itu menjelaskan, pada Pemilu 2019 masih banyak pelanggaran pemasangan APK dan APK Parpol yang terlibat pelanggaran.

Menurut Ruslan, APK yang ditertibkan diantaranya baliho, billboard, videodroon yang jumlahnya mencapai 4.661. Spanduk sebanyak 363 dan umbul-umbul sebanyak 70. Sementara APK parpol yang diterbitkan dari lima besar terbanyak adalah Partai Golkar sebanyak 705, Partai Nasdem sebanyak 680, Partai Gerindra sebanyak 614, PAN sebanyak 434, PDI sebanyak 390 dan yang paling sedikit adalah PKPI sebanyak 81.

Sementara komisioner KPU lainnya, Syamsul Y. Gafur dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan FGD itu bertujuan untuk memperbaiki pemilu kedepanya.

“Evaluasi ini bertujuan untuk memperbaiki pemilu kedepanya, sekaligus sebagai pembanding pemilu sebelumnya,” tutupnya. JMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *