KPU RI Siapkan e-Rekap dan Salinan Digital Untuk Pemilu 2024

oleh -

Ketua KPU RI, Arief Budiman saat menandatangani prasasti peresmian gedung baru KPU Sulteng, Jumat (7/2/2020). FOTO : MIFTAHUL AFDAL/SULTENGNEWS.COM

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, membuat terobosan baru dengan menyiapkan e-Rekap dan salinan digital untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.




“KPU dalam program jangka panjang kedepan mengusulkan dual hal yakni e-Rekap dan Salinan Digital,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman kepada sejumlah wartawan di kantor KPU Sulteng, Jum’at (07/02/2020).

Arief mengatakan, dengan e-Rekap, kedepan tidak akan lagi rapat di kecamatan yang berhari-hari, sebab data akan langsung dikirim ke KPU RI.

“Penggunaan rekap secara elektronik, akan lebih memudahkan penyelenggara pemilu, karena data dari TPS langsung dikirim ke pusat dan hasil itu langsung di tetapkan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya salinan digital akan lebih meringankan pekerjaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), karena tidak banyaknya lagi salin yang ditulis secara manual.




“KPPS itu kenapa kerjanya banyak, karena harus menulis ratusan lembar. Nah dengan salinan digital ini, tidak perlu di tulis lagi tinggal dipotret. Jadi hasil potret rekap atau C1 langsung dikirim ke peserta pemilu secara digital,” katanya.

“Desain ini kita siapkan untuk Pemilu tahun 2024. Tapi apabila waktunya terkejar, kami ingin terapkan di beberapa daerah yang siap untuk Pilkada 2020,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *