KPU Provinsi Sulteng Gelar Evaluasi Program DP3 di Kabupaten Donggala

oleh -
Ketua Divisi Parmas KPU Sulteng, Dr Sahran Raden memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Loli Saluran dan Bupati Donggala dalam mendukung program Nasional KPU yaitu Program Desa Peduli Pemilu dan pemilihan (DP3) di Kabupaten Donggala. FOTO : DOK. KPU DONGGALA

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dalam meningkatkan keberlangsungan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar kegiatan rapat koordinasi evaluasi program DP3 di Kabupaten Donggala bertempat di Kantor KPU Sulteng, Minggu (20/12/2021).

KPU Sulteng mengundang Pemerintah Kabupaten Donggala yang diwakili Aissten I, Kepala Desa Loli Saluran, Ketua dan Anggota KPU Donggala serta 25 kader DP3 Desa Loli Saluran.

Kehadiran Pemda Donggala dan KPU Donggala, karena KPU Donggala menjadi pilot projet penerapan program DP3 di Sulteng.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming mengapreasisi Pemda Donggala atas dukungannya kepada KPU Donggala yang telah memberikan bantuan hibah non tahapan tahun 2021 terhadap Program DP3 di KPU Donggala.

“Terima kasih kepada Pemda Donggala, karena telah memberikan respon yang positif dengan memberikan bantuan hibah non tahapan 2021 sebanyak Rp200 juta kepada KPU Donggala yang pertama kali sejak KPU Donggala terbentuk,” ungkap ketua KPU Sulteng.

Dikatakan, kerja kader DP3 adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait demokrasi yang ideal.

“Hasil kerja DP3 ini akan terlihat ketika pemilu, misalnya apakah partisipasi tinggi atau tidak. Jadi kader DP3, dapat menularkan spirit – spirit dalam membangun demokrasi yang lebih baik,” harap ketua KPU Sulteng.

Sementra Asisten I, Yusuf Lamangkapali yang hadir mewakili Bupati Donggala dalam sambutannya mengatakan, Pemda selalu mendukung kegiatan KPU Donggala dalam mengembangkan partisipasi pemilih di daerah.

“Kita support selalu kegiatan KPU Donggala, bahkan kegiatan ini Pemda Donggala memberikan dana hibah tahun 2021 sebanyak Rp200 juta. Ini merupakan hibah pertama kepada KPU Donggala di luar tahapan,”ujarnya.

Dia berpesan kepada kader DP3 bahwa out put dana hibah yang diberikan ke KPU Donggala melalui pelatihan dan bimtek kepada kader DP3, dapat memberikan perubahan demokrasi di desa Loli Saluran.

“Kita berharap Desa Loli Saluran, menjadi desa yang demokrasinya maju dan partisipasinya tinggi,” harapnya.

Selain itu, Asisten I juga mengapresiasi kerja – kerja KPU Donggala dan sinerginya bersama Pemda Donggala.

“Terus terang, sinergi kami dengan KPU Donggala sangat baik, sehingga kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Donggala yang sudah bekerja sama dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Parmas KPU Sulteng, Dr Sahran Raden menjelaskan bahwa, kegiatan evaluasi ini bertujuan menggali lebih dalam sisi-sisi lain pelaksanaan program DP3 di Kabupaten Donggala.

“Kita ingin menggali dan mengevaluasi pelaksanaannya, apa kendala di lapangan yang perlu dibenahi. Bahkan beberapa poin evaluasi akan disampaikan ke KPU RI, khususnya regulasi pemberian honor bagi kader DP3 agar dibuatkan dasar hukumnya,” terangnya.

Kegiatan evaluasi ini, dirangkaikan dengan pemberian piagam penghargaan kepada Bupati Donggala dan Kepala Desa Loli Saluran dalam mendukung program Nasional KPU yaitu Program Desa Peduli Pemilu dan pemilihan (DP3) di Kabupaten Donggala.

Sekedar Informasi, KPU Kabupaten Donggala merupakan KPU Kabupaten yang menerima pengahargaan pertama dalam pelaksanaan program Nasional DP3 se-Sulteng. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.