KPU Provinsi dan KPU Palu Pantau Langsung Proses Coklit PPDP

oleh -
Ketua KPU Palu, Aggusalim Wahid saat memantau langsung proses pencoklit yang dilakukan PPDP di Kelurahan Memboro, Sabtu (18/7/2020). FOTO : MOH. NURFIANSYAH/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Naharudin bersama Ketua KPU Kota Palu, Agusalim Wahid turun langsung memantau proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kelurahan Mamboro Induk, Sabtu (18/07/2020).

“Yah kami turun langsung memantau proses pencoklitan PPDP. Bukan hanya saya yang turun, tetapi seluruh Komisioner KPU Provinsi juga ikut turun langsung namun dibagi beberapa daerah, ada yang di Kabupaten Sigi, ada di Kabupaten Parigi dan ada di Kabupaten Morowali. Tujuannya tidak lain agar dapat memonitoring, mensuport proses Pencoklitan PPDP,” ujar Komisioner KPU Sulteng, Naharudin kepada sejumlah media.

Dia mengatakan, proses Pencoklitan pertama di fokuskan ke tokoh masyarakat, sehingga proses ini bisa disebarluaskan oleh mereka.

“Kami arahkan PPDP untuk ke rumah tokoh masyarakat yang berpengaruh di daerah itu, seperti ketua RT, Ketua RW dan beberapa tokoh masyrakat lainnya. Tujuannya agar tokoh ini bisa mensosialisasikan, bisa menyebarkan ke masyarakat sekitarnya terhadap proses pencoklitan,” jelas Naharudin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Palu, Agusalim Wahid juga mengatakan bahwa dia sangat berharap agar tokoh masyarakat ikut serta membantu proses pencoklitan oleh PPDP.

“Kenapa kita lebih memprioritaskan tokoh masyarakat untuk dicoklit lebih dulu, agar supaya mereka dapat membantu petugas PPDP kedepannya jika masih ada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih,” katanya.

Dikatakan, seluruh Komisioner KPU Palu juga turun langsung memantau proses Pencoklitan oleh PPDP.

“Seluruh Komisioner KPU juga turun langsung memantau pencoklitan. Ada yang di Kecamatan Mantikulore, ada di Kecamatan Tatanga, Kecamatan Palu Selatan dan beberapa Kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Ketua KPU Palu juga menegaskan bahwa PPDP yang turun dalam proses pencoklitan, memakai Alat Pelindung Diri (APD) sesui standar Covid-19

“Jadi PPDP telah memakai APD standar Covid-19, sehingga masyarakat tidak perlu takut. Alhamdulillah tokoh masyarakat yang kita datangi tadi sudah paham dengan proses pencoklitan menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga (KK),” tegasnya. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *