KPU Palu Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Untuk Sukseskan Pilkada Tahun 2020

oleh -

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan KPU Palu di Hotel Santika Palu, Selasa (10/12/2019). FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, meningkatkan kapasitas kelembagaan dengan menggelar pelatihan kepada semua staf dan personil KPU Palu untuk menyukseskan Pelaksanaan Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang di Hotel Santika Palu, Selasa (10/12/2019).

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi semua personil KPU Palu, utamanya pengetahuan dan kemampuan peserta tentang pengembangan diri, merumuskan dan menganalisa isu yang berkembang di masyarakat.

Narasumber pelatihan, Drs.Tasrif Siara saat menyampaikan materi pada pelaksanaan pelatihan peningkatan kelembagaan KPU Palu. FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

Selanjutnya, meningkatkan pengetahun tentang tahapan – tahapan dan strategi yang harus dilakukan dilingkup KPU Kota Palu dalam rangka pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu tahun 2020 mendatang serta meningkatkan komitmen KPU Palu dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi dan dokumentasi bagi masyarakat umum, masyarakat profesional dan peserta pemilihan.

“Kapasitas sebagai kemampuan individu, organisasi atau sistem untuk menjalankan fungsi sebagaimana mestinya secara efektif, efesien dan terus menerus untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada,” ujar Agussalim Wahid dalam sambutannya.

Agussalim menekankan, tidak ada namanya peran perorang dalam melaksanakan semua kegiatan, tapi peran semua pihak atau peran kelembagaan agar supaya bisa menciptakan pemilihan walikota dan wakil walikota yang demokratis, berintegritas dan berkualitas.

Dikatakan, untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada perlu melibatkan semua stakeholders yang tentunya dimulai dulu dari penyelenggara, sehingga semua tahapan dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang tersedia. Semua itu, membutuhkan peran dan koordinasi yang baik mulai dari sesama staf di internal KPU Palu, Bawaslu dan peserta pemilihan dalam hal ini pasangan calon walikota dan calon wakil walikota.

“Diharapkan, kita semua dapat menyampaikan tahapan – tahapan dan aturan – aturan pemilihan kepada para peserta pemilihan atau semua stakeholders,” harapnya.

Agussalim juga menyampaikan pentingnya suasana lingkungan kantor yang nyaman, sehingga dibutuhkan penyegaran dan peningkatan kapasitas semua personil dalam pelayanan bagi peserta pemilihan dan masyarakat, agar tumbuh kepercayaan kepada KPU Palu sebagai penyelenggara Pilkada Kota Palu tahun 2020.

Olehnya, Agussalim berharap agar sesama staf KPU Palu agar tidak saling meremehkan sesama personil. Jika ada orang yang belum paham, maka yang lain bisa memberi tahu agar semua juga bisa tahu dan paham.

“Mari kita bergandengan tangan, mari kita memperkuat kelembagaan kita, saling memberikan masukkan. Yang tidak sempurna, mari kita sempurnahkan bersama. Melalui kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua teman – teman yang sudah berbuat baik. Mari kita tingkatkan yang baik, menjadi yang terbaik,” tekannya.

Para peserta pelatihan peningkatan kelembagaan KPU Palu saat mengikuti kegiatan. FOTO : MAHFUL/SULTENGNEWS.COM

Mantan aktivias mahasiswa ini menambahkan, sebagai penyelenggara, KPU Kota Palu akan selalu berbenah untuk menciptakan pemilihan yang demokratis, berintegritas dan berkualitas.

“Saya berharap dengan pelatihan ini, materi – materi yang kita dapatkan, bisa kita terapkan dalam keseharian kita di KPU untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada,” tambahnya.

Dengan selesainya pelatihan ini, Agussalim berharap para staf dan personil KPU Palu dapat melaksanakan tugasnya masing – masing dengan baik, serta menyosialisasikan Pilkada melalui website dan akun facebook (FB) PPID milik KPU Palu dengan harapan ada umpan balik dari masyarakat yang datang bertanya terkait tahapan Pilkada di Kantor KPU Palu.

“Kita harus membangun kepercayaan publik terhadap lembaga kita, karena KPU sudah dipercaya untuk menyelenggarakan Pilkada. Olehnya, komisioner dan sekretariat harus senantiasa bersinergi untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada yang demokratis, berintegritas dan berkualitas,” tutupnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *