KPU Palu Sosialisasi Syarat Dukungan Calon Perseorangan

oleh -

Para peserta sosialisasi sangat serius mengikuti materi sosialisasi terkait syarat dukungan bagi pasangan perseorangan pada Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang. FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, melakukan sosialisasi syarat perseorangan untuk masyarakat yang berkeinginan maju sebagai pasangan calon perseorangan pada Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang.

“Pasangan calon perseorangan walikota dan wakil walikota yang ingin maju dalam Pilkada Kota Palu tahun 2020, harus memenuhi syarat minimal dukungan paling sedikit 10 persen dari jumlah penduduk yang termuat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Palu pada Pemilu 2019 yaitu sejumlah 213.957 pemilih,” ujar ketua KPU Palu, Agusalim Wahid dalam sambutan pada sosialisasi di salah satu hotel di Kota Palu, Senin (18/11/2019).

Komisioner KPU Palu foto bersama dengan Forkopimda Kota Palu dan Bawaslu Kota Palu. FOTO : IST

Dikatakan, dengan jumlah DPT sebesar 213.957 berarti 10 persennya yakni 21.396 dukungan KTP atau surat keterangan perekaman e-KTP bagi yang belum punya KTP elektronik. Syarat dukungan itu, sudah harus diserahkan sebelum batas akhir penyerahan berkas dukungan.

“Syarat dukungan 10 persen itu, harus tersebar dilebih dari 50 perden jumlah kecamatan di Kota Palu yaitu minimal lima kecamatan atau lebih,” jelasnya.

Agussalim mengaku, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi tahapan Pilkada Kota Palu secara kontinyu dan masif kepada semua lapisan masyarakat, sehingga pemilih yang menyalurkan suaranya pada Pilkada Kota Palu 2020 bisa meningkat hingga 80 persen lebih seperti partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.

Selain itu, sosialisasi juga akan dilaksanakan kepada semua instansi pemerintah, karena ada keterkaitan dalam pelaksanaan Pilkada, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak terlalu jauh terlibat sampai melanggar aturan perundang-undangan dengan mendukung calon tertentu yang maju dalam Pilkada.

Sosialisasi kali ini, menghadirkan sejumlah undangan diantaranya camat, ketua – ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), pemerhati pemilu, Partai Politik, Bawaslu Kota Palu dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang hadir yakni Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh dan perwakilan Kodim 1306/Donggala. FUL

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *