KPU Palu Rekrut 699 Anggota PPDP

oleh -
Komisioner KPU Palu , Iskandar Lembah. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu membutuhkan sebanyak 699 anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk melakukan proses Pencocockan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

“Perekrutan PPDP sudah dimulai dari tanggal 24 Juni kemarin dan akan berakhir 14 Juli mendatang. KPU membutuhkan sebanyak 699 anggota PPDP dan jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. Jadi satu anggota PPDP ditugaskan untuk satu TPS guna proses Coklit,” ungkap Komisioner KPU Palu , Iskandar Lembah kepada sultengnews.com, Kamis (09/07/2020).

Dikatakan, jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 260,369 sudah termasuk didalamnya DP4 terbaru dari Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu.

“Jadi jumlah DP4 260,369 itu sudah digabungkan dengan DP4 Pemilih Pemula (PP) dari Dukcapil Kota Palu. Pemutakhiran terakhir dari Pemilu 2019, disandingkan dengan DP4 terbaru”, pungkasnya.

Lanjut dikatakan, dari jumlah DP4 tersebut sudah ada beberapa yang diberi kode karna meninggal dunia dan berpindah kependudukan.

“Dari jumlah DP4 itu, sudah ada beberapa yang kita beri kode karna meninggal dunia dan berpindah kependudukan. Tapi itu masih menjadi bahan dasar yang akan diturunkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan akan diteruskan ke PPDP guna proses pencoklitan nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, dirinya juga memastikan bahwa anggota PPDP tidak berafiliasi dengan partai politik, tim sukses atau tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon).

Ia juga mengatakan, KPU Palu hingga saat ini masih menunggu regulasi dari KPU RI terkait rapid test kepada seluruh petugas KPU Palu kalau memang kedepannya masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Yah kita masih menunggu regulasi dari KPU RI terkait rapid tes yang nantinya akan diberlakukan kepada seluruh petugas KPU Palu jika pandemi Covid-19 belum berakhir dalam waktu dekat. Mungkin regulasinya akan keluar pada Oktober atau November,” tutupnya. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *