KPU Palu Pastikan Setiap Kegiatan Berstandar Protokol Covid-19

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Palu selaku penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) selalu menegaskan bahwa kegiatan yang mereka lakukan telah berstandar protokol kesehatan Covid-19.

Seperti baru-baru ini, KPU Palu menyenggarakan kegiatan Sosialisasi Produk Hukum untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Walikota dan Wakil Walikota Palu yang berlangsung di Hotel Santika, Selasa (11/08/2020).

“Saya selalu menegaskan kepada seluruh penyelenggara KPU seperti PPK, PPS, PPDP dan petugas-petugas lainnya untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, seperti kegiatan saat ini sosialisasi produk hukum sudah saya pastikan aman karena telah berstandar kesehatan Covid-19,” ungkap Ketua KPU Palu, Agusalim Wahid saat membawakan materi.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengatakan bahwa ada dua produk Hukum yang disosialisasikan. Pertama PKPU 6. Kedua SK KPU No138 turunan dari PKPU No 1.

“PKPU No 6 ini lebih banyak mengatur tentang tahapan ditengah Pandemi Covid-19, seperti pada bulan Maret kemarin ada beberapa tahapan yang tertunda. Pertama pelantikan PPS, kemudian verifikasi faktual tentang calon perseorangan, namun karna tidak ada calon perseorangan yang memenuhi syarat maka tahapan tersebut kami hentikan, ketiga pembentukan PPDP,” tututnya

Terkait Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh PPDP, Ketua KPU Palu mengungkapkan ada beberapa fakta yang didapatakan oleh anggota PPDP di lapangan.

“Jadi saat PPDP kami menjalakan tugasnya, ada beberapa fakta yang mereka dapatkan di lapangan seperti masyarakat tidak mau dikunjungi jika belum melihat hasil rapid tes PPDP, kemudian ada juga masyarakt yang tidak mau dikunjungi jika PPDP tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam hal ini APD masker dan kaos tangan sekali pakai,” katanya.

Kemudian terkait pendaftaran Pasangan Calon (Paslon), akan dilakukan pada tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang. Tanggal 23 september, penetapan Paslon dilanjutkan pengundian nomor urut paslon di tanggal 24 September 2020. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *