KPU Palu Lauching Mobil Pintar Pemilu Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

oleh -

Ketua KPU RI, Arief Budiman usai meluncurkan Mobil Pintar Pemilu (MPP) di Kantor KPU Palu, Jumat (7/2/2020). FOTO : MOH. NURFIANSYAH/SULTENGNEWS.COM

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, meluncurkan Mobil Pintar Pemilu (MPP) untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu tahun 2020 ini.




Peluncuran MPP ini, dilakukan langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman di Kantor KPU Palu, Jumat (7/2/2020).

“Dengan adanya Mobil Pintar Pemilu ini, semoga bisa menjadi solusi untuk KPU Kota Palu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih pada September nanti,” ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman saat menyampaikan sambutannya.

Menurutnya, ada dua cara yang harus dilakukan oleh KPU Sulawesi Tengah (Sulteng) terkhusus KPU Kota Palu dalam meningkatkan partisipasi pemilih yakni dengan mendatangi langsung para calon pemilih atau mengundang mereka datang langsung di Kantor KPU mengikuti kegiatan tahapan Pemilu.

“Tidak susah-susah amat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih di Sulawesi Tengah ini, lebih khusus di Kota Palu yaitu mendatangi langsung para Pemilih dengan mengunakan Mobil Pintar Pemilu ini untuk menjelaskan betapa pentingnya partisipasi mereka atau jika sudah mendekati, KPU tinggal membuat surat undangan untuk mereka agar datang ke kantor KPU mengikuti kegiatan tahapan pemilihan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Arief Budiman menegaskan betapa pentingnya sosialisasi dan pendidikan politik sejak dini dengan berkunjung ke sekolah -sekolah atau Universitas untuk mensosialisasakin Pemilu atau Pilkada. Sebab pendidikan politik harus dilaksanakan berkelanjutan, karena setiap tahun selalu ada perkembangan tentang data kepemilihan dengan bertambahnya partai politik dan regulasi yang berubah.




“Pendidikan politik, harus dilaksanakan berkelanjutan setiap tahun, sebab setiap saat nantinya ada perkembangan tentang data kepemiluan dengan partai politik yang bertambah atau regulasi pemilu yang berubah,” jelasnya.

Setelah menyampaikan sambutan, ketua KPU langsung menyiramkan air ke bagian belakang mobil sebagai tanda diluncurkannya Mobil Pintar Pemilu itu. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *