KPU Palu Lakukan Verifikasi Faktual PSI

oleh -

Keterangan Foto :

Ketua KPU Palu, Marwan P Angku bersama tiga komisioner lainnya Agussalim Wahid, Chairil dan Halima serta Komisioner Panwaslu Adji Rizal serta tim verifikator KPU Palu saat mendatangani kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, melakukan verifikasi faktual Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di kantornya Jalan Karanjalemba Komleks BTN Bumi Pertiwi, Kamis (21/12/2017).

Rombongan verifikator itu terdiri dari ketua KPU Palu Marwan P Angku, tiga komisioner KPU Palu yakni Agussalim Wahid, Chairil dan Halima serta staf KPU Palu. Ikut juga dalam rombongan itu, Adji Rizal bersama beberapa orang staf Panwaslu Palu.

Rombongan verifikator KPU berangkat dari kantor KPU Palu sekira pukul 10.00 Wita dan tiba di kantor PSI sekira pukul 10.30 Wita. Kedatangan rombongan disambut pengurus PSI yang sudah siap siapa menunggu rombongan.

Ketua KPU Palu, Marwan P Angku dalam kesempatan itu mengatakan, verifikasi faktual yang dilakukan KPU merupakan salah satu rangkaian dari tahapan Pemilu yang diatur dalam PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019.

Setelah menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan verifikasi itu, ketua KPU selanjutnya mempersilahkan tim verifikator untuk melakukan verifikasi.

Komisioner KPU Palu Agussalim Wahid yang menjadi ketua verifikator itu lalu memulai verifikasi dengan meminta ketua PSI Kota Palu untuk menunjukan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk. Setelah didokumentasikan, verifikasi kemudian dilanjutkan ke pengurus PSI lainnya. Namun pada verifikasi keterwakilan 30 persen perempuan, ada satu pengurus yang tidak hadir, sehingga itu menjadi catatan KPU.

Terkait dengan domisili kantor dari kelurahan dan bukti sewa menyewa kantor, pengurus PSI tidak bisa menunjukan dua dokumen yang diminta. Dua hal ini, juga menjadi catatan KPU.

Ketua PSI Kota Palu, Budi Yuwono berjanji akan memenuhi semua kekurangan itu dalam waktu dekat ini.

“Kita upayakan hari Sabtu, untuk melengkapi dan mengantarnya ke kantor KPU Palu. Termasuk satu pengurus perempuan yang belum hadir saat verifikasi ini,” ujar Budi Yuwono dihadapan komisioner KPU dan tim verifikator.

Setelah semua dokumen diverifikasi, rombongan KPU bersama Panwaslu kemudian meninggalkan kantor PSI sekira pukul 11.15 Wita. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *