KPU Palu Lakukan Verifikasi Faktual Partai Berkarya

oleh -

Keterangan Foto :

Komisioner KPU Palu bersama Komisioner Panwaslu Palu melakukan foto bersama dengan jajaran pengurus Partai Berkarya usai verifikasi faktual semua dokumen kepengurusan Partai Berkarya, Jumat (5/1/2018). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, melakukan verifikasi faktual kepada Partai Berkarya di kantornya kompleks BTN Kampung Nelayan, Jumat (5/1/2018).

Rombongan verifikator itu, terdiri dari lima komisioner KPU Palu yakni Marwan P Angku, Agusalim Wahid, Chairil, Halima dan Abdurrahim Arief. Para staf KPU Palu, serta Komisioner Panwaslu Palu Munira dan Adjie Rizal.

Rombongan verifikator KPU Palu, tiba di kantor Partai Berkarya sekira pukul 14.30 Wita dan langsung disambut ketua Partai Berkarya Kota Palu Zainal Abdu serta ketua pertimbangan Partai Berkarya Sulteng Nawawi Sangkilat, serta jajaran pengurus Partai Berkarya lainnya.

Ketua KPU Kota Palu, Marwan P. Angku dalam kesempatan itu mengatakan bahwa verifikasi faktual yang dilaksanakan KPU merupakan salah satu rangkaian dari tahapan Pemilu yang diatur dalam PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019.

Setelah menyampaikan beberapa hal terkait verifikasi faktual itu, Ketua KPU selanjutnya mempersilahkan tim verifikator untuk melakukan verifikasi.

Komisioner KPU Palu bersama Komisioner Panwaslu Palu berbincang santai saat verifikasi faktual Partai Berkarya di Kantor Partai itu, Jumat (5/1/2018). FOTO : MAHFUL/SN

Komisioner KPU Palu, Agusalim Wahid yang menjadi ketua tim verifikasi itu langsung melakukan pengecekan dokumen yang dimulai dari memeriksa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengurus ini yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Setelah dilakukan pemeriksaan dan didokumentasikan, verifikasi dilanjutkan dengan memeriksa dokumen domisili kantor dan bukti sewa kantor.

Setelah itu, varifikasi dilanjutkan dengan meminta agar pengurus perempuan dihadirkan sebagai salah satu syarat keterwakilan 30 persen perempuan. Dari semua tahapan verifikasi faktual kepengurusan ini, Partai Berkarya memenuhi semua syarat sesuai ketentuan.

Disaat bersamaan, tim verifikator keanggotaan juga sementara turun ke lapangan melakukan verifikasi faktual kebenaran anggota Partai Berkarya. Verifikasi keanggotaan ini, sesuai jadwal akan berakhir pada 12 Januari mendatang.

Setelah semua proses verifikasi di Kantor Partai Berkarya dinatakan selesai, rombongan KPU Kota Palu bersama Panwalu Kota Palu melakukan sesi foto bersama untuk dokumentasi. Setelah sesi foto bersama itu, rombongan tim verifikator itu lalu meninggalkan Kantor Partai Berkarya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *