KPU Palu Harapkan Parpol Berikan Masukan Terkait Daftar Pemilih

oleh -
KPU Kota Palu saat melakukan rapat kordinasi sinkronisasi pasca pencocokan dan penelitian. FOTO : MIFTAHUL AFDAL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mengharapkan keterlibatan partai politik (Parpol) untuk memberikan masukan terkait daftar pemilih untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu, 9 Desember 2020.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid dalam rapat kordinasi sinkronisasi pasca pencocokan dan penelitian pemilihan (Coklit) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) serta Wali Kota Palu dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020 di Best Western Hotel, Jumat (21/08/2020).

“Yang kami harapkan kegiatan ini bukan hanya menjadi tanggungjawab dari KPU dan Bawaslu saja, tapi juga menjadi bagian dari partisipasi partai politik, sehingga masukan-masukan tersebut sangat berharga bagi kami untuk kita tindaklanjuti,”ujarnya.

Dikatakan, partai politik yang telah menjadi mitra dari KPU Kota Palu selama ini telah memberikan masukan-masukan. Sudah ada beberapa partai politik proaktif memberikan data kepada KPU Kota Palu, tentunya itu menjadi bagian dari evaluasi pihaknya, terutama bagi wilayah-wilayah yang belum sempat didatangi untuk coklit.

“Di tengah kepadatan kegiatan tahapan, kita harus berjalan beriringan, sehingga kita tidak lupa. Disamping pendaftaran dilakukan, ada kewajiban partai politik memberikan masukan terutama berkaitan dengan data pemilihan yang akan dijadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” terangnya.

Menurut Agussalim, begitu juga setelah dilakukan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), akan ada pemberian ruang kepada masyarakat untuk memberikan masukan serta saran kepada KPU Kota Palu, sehingga pihaknya bisa terus menyempurnakan DPT.

Dia jug menambahkan, hasil pematangan dari pencoklitan yang dilakukan Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) akan ada sekira 699 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan di Kota Palu.

“Berdasarkan hasil pematangan kemarin ada sekitar 699 TPS yang dibuat setelah teman-teman melakukan pemuktahiran di pencoklitan,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *