KPU Palu Gelar Seminar Demokrasi Jelang Pelaksanaan Pilwakot 2020

oleh -
Ketua KPU Palu saat menyampaikan sambutan pada seminar demokrasi di Swiss Belhotel Palu, Rabu (25/11/2020). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Palu, menggelar seminar demokrasi dengan tema “Menjaga integritas dalam berdemokrasi pada era new normal pemilihan serentak tahun 2020 di Swiss Belhotel Palu, Rabu (25/11/2020).

Hadir sebagai narasumber pada seminar ini, Dr. Slamet Riyadi Cante dan Dr. Irwan Waris yang merupakan dua akademisi Universitas Tadulako (Untad).

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid dalam sambutannya mengatakan, seminar ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkiat istilah Integritas, agar tercipta pemilihan yang berkualitas.

“Selama ini kalau kita bicara integritas, hanya penyelenggara yang selalu menjadi sorotan. Padahal peserta pemilihan, juga harus berintegritas untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas,” ujar Agussalim Wahid saat menyampaikan sambutan pada pembukaan acara seminar demokrasi ini.

Dikatakan, untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas di era new normal dimana pandemi covid-19 ini merupakan tantangan berat bagi penyelenggara. Disatu sisi KPU dituntut agar meningkatkan partisipasi pemilih, tapi disisi lain ada pademi covid-19 yang melarang terjadinya kerumunan masyarakat.

“Adanya pademi Covid-19 ini, mengharuskan kita untuk melakukan hal – hal baru seperti memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan dengan tetap pada tujuan yakni menciptakan demokrasi yang berintegritas dan berkualitas,” katanya.

Agussalim berharap, dengan adanya hal – hal baru seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, tidak mengurangi minat pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya, sehingga tetap tercipta pilkada yang berintegritas dan berkualitas.

“Kita berharap dengan adanya protokol kesehatan yang ketat seperti penyelenggara menggunakan APD (Alat Pelindung Diri), serta masyarakat yang juga menggunakan APD, bisa menimbulkan kepercayaan dari masyarakat untuk datang ke TPS,” harapnya.

Agussalim meminta kepada semua pihak, agar bersama – sama menyampaikan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. Ketua KPU Palu menegaskan, jika semua penyelenggara, peserta pemilihan dan masyarakat bisa mempertahankan integritas, maka pilkada yang berkualitas akan tercapai tidak hanya hasil, tapi juga prosesnya.

“Marilah kita menjaga integritas dan independensi kita, agar kepercayaan publik bisa tinggi dalam pilkada tahun 2020 ini,” tutupnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *