KPU Palu Fokus Pada Tiga Tahapan Setelah Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

oleh -
Ketua KPU Palu Agussalim Wahid (dua dari kiri), Wakil Wali Kota Palu dr. Renny A. Lamadjido (dua dari kanan), bersama dengan jajaran petinggi sedang nonton bareng peluncuran tahapan Pemilu 2024, ruang center media kantor KPU Palu, Selasa (14/6/2022). FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, fokus pada tiga tahapan kegiatan utama dalam rangkaian peluncuran tahapan pemilu 2024 yang dimulai pada  Selasa (14/6/2022) malam.

KPU Kota Palu melaksanakan nonton bareng Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 bertempat di ruang Media Center Kantor KPU Palu, Selasa (14/6/2022) malam.

Pelaksanaan nonton bareng ini dihadiri Wakil Wali Kota (Wawali) Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Ketua KPU Palu Agussalim Wahid, Ketua Bawaslu Kota Palu Ivan Yudharta, para komisioner KPU Palu, Perwakilan Partai Politik di Kota Palu, kalangan jurnalis, serta tamu undangan lainnya.

Dalam tayangan nonton bareng secara live melalui zoom, beberapa sambutan disampaikan diantaranya Ketua KPU Pusat Hasyim Ashari, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta Menteri Dalam Negeri (Mmendagri) RI Muhammad Tino Karnavian. Acara lalu ditutup dengan menekan tombol tanda dimulainya peluncuran tahapan pemilu 2024 yang dilaksanakan di Gedung KPU RI Jakarta, Selasa (14/6/2022) malam.

Ketua KPU Palu Agussalim Wahid mengatakan, KPU Palu sendiri setelah Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 akan fokus kepada tiga tahapan utama yang harus dilalui.

Pertama sebut Agussalim, yakni berkaitan dengan program kegiatan dan anggaran. Kedua,  persiapan secara teknis dan tahapan ketiga yakni rekrutmen penyelenggara Adhoc.

“Sesuai dengan bunyi pasal 167 ayat 6 bahwa tahapan pemilu itu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pungutan suara. Tepat pada hari ini, kita melaksanakan tahapan pemilihan umum,” sebut Agussalim Wahid kepada wartawan usai acara nonton bareng di Kantor KPU Palu, Selasa (14/6/2022).

“Untuk fokus awal KPU Kota Palu adalah penguatan kelembagaan, melihat tahapan pertama adalah program kegiatan dan anggaran. Kedua, kita juga persiapan secara teknis. Secara teknis ini, tentu hal-hal yang berkaitan persiapan verifikasi pendaftaran dan verifikasi partai politik. Kedua, terkait dengan daftar pemili tetap, lalu kemudian terkait dengan rekrutmen Adhoc,” katanya menambahkan.

Terpisah, Sekretaris KPU Kota Palu, Aslam menguraikan, pelaksanaan nonton bareng ini berdasarkan surat KPU RI Nomor 443/PP.06.AD/09/2022  yang memerintahkan agar KPU Kabupaten/Kota, menyelenggarakan nonton bareng.

Aslam melanjutkan, tujuannya dilaksanakannya nonton bareng ini, agar masyarakat mengetahui bahwa Tahapan Pemilu sudah dimulai sejak hari ini tanggal 14 Juni 2022.

“Kita berharap dengan adanya nonton bareng ini, masyarakat khususnya di kota Palu sudah mengetahui bahwa mulai hari ini Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai,” ungkap Aslam.

Dia berharap, semua Tahapan Pemilu 2024 yang dimulai tanggal 14 Juni ini berjalan lancar tanpa ada kendala hingga hari H pelaksanaan tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Semoga semua Tahapan berjalan lancar hingga hari H pelaksanaan pada 14 Februari 2024 mendatang,” tegas Aslam.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.