KPU Palu Berikan Bimbingan Teknis Uji Publik Kepada 40 PPK di Palu

oleh -
Divisi Perencanaan dan Data, Idrus saat di temui di tempat kegiatan KPU di Hotel Best Westrem. FOTO : ALSIH MARSELINA/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan Bimbingan Teknis Uji Publik Berbasis TPS. Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Best Western di jalan Basuki Rahmat Palu, Kamis (17/9/2020).

Divisi Perencanaan dan Data KPU Palu, Idrus dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan itu menghadirkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Palu yang berjumlah 40 orang. Tujuannya ingin memperkuat dan menguatkan panitia pemilihan setiap kecamatan.

“Kami memilih PPK agar setelah selesai kegiatan dan menjadi alumni bimbingan teknisi ini, dapat melanjutkan bimbing secara teknis ke TPS kita yang berjumlah 138,” ujar Idrus.

Rangkaian kegiatan berlangsung seharian penuh dan bersimulasi atau mempraktekkan uji publik tiap TPS dengan melihat persoalan maupun masukkan dari masyarakat yang sering terjadi.

Tak hanya itu, peserta pun diberikan panduan wawancara langsung dari pihak KPU Kota Palu, serta diberikan teknik berkomunikasi terhadap wilayah – wilayah berbasis lokal.

Peserta pun dibekali dengan formulir pengaduan dari masyarakat yang langsung ditindaklanjuti oleh pihak TPS.

“Teman-teman TPS akan diberikan formulir A1KWK yang didalamnya memuat siapa yang mengadukan apa, masukkannya apa dan apa data lampirannya,” katanya.

Pihak KPU berharap bagi peserta PPK bisa memahami dan dapat mempraktekkan uji publik ke masyarakat, serta bisa mengerti agar masukkan dan tanggapan masyarakat terhadap TPS dan materi yang diberikan sama persis dengan yang diterima PPK. SIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *