KPU Banggai Tetapkan Amirudin – Furqanuddin Pemenang Pilkada Banggai

oleh -
Amirudin – Fuqanuddin Masulili

PALU, SULTENGNEWS.COM –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai, akhirnya menetapkan pasangan calon (Paslon) Nomor Urut 2, Amirudin – Fuqanuddin Masulili sebagai pemenang Pilkada Banggai dengan perolehan suara 88.011 dan menjadi yang tertinggi.

Urutan kedua ditempati pasangan incumbent nomor urut 3, Herwin Yatim – Mustar Labolo dengan perolehan 64.362 suara. Posisi terakhir ditempati Paslon nomor urut 1, Hj. Sulianti Murad – Zainal Abidin Ali Hamu dengan perolehan 49.082 suara.

Perolehan suara pasangn calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai ini, tertuang dalam berita acara KPU Banggai Nomor 104/PK.01-BA/ 7201/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai tahun 2020 yang ditetapkan pada 15 Desember 2020.

Informasi yang diperoleh media ini, pasangan incumbent Herwin Yatim – Mustar Labolo akan mengajukan gugatan atas keputusan KPU Banggai it uke Mahkamah Konstitusi (MK), karena menilai banyak terjadi pelanggaran.

Kemenangan pasangan Amirudin – Fuqanuddin Masulili, melanjutkan sejarah Kabupaten Banggai dimana pasangan incumbent selalu kalah. Dalam catatan media ini, “kutukan” atas incumbent atau petahan di Kabupaten Banggai dimulai dari Ma’mun Amir. Saat itu, Ma’mun Amir menjadi Banggai dan Wakilnya adalah Sofyan Mile.

Saat pertama kali Pilkada langsung oleh rakyat, Ma’mun Amir yang kala itu berpasangan dengan Drs. Musdar Amin, berhasil memenangkan Pilkada Banggai tahun 2006.

Namun saat Ma’mun Amir yang merupakan petahana, maju lagi berpasangan dengan Faisal Mang pada Pilkada Banggai 2011 tidak bisa lagi menang. Pasangan ini dikalahkan oleh penantangnya kala itu, yakni pasangan H.M Sofhian Mile – Herwin Yatim.

Pasangan H.M Sofhian Mile – Herwin Yatim, akhirnya menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2011 – 2016.

Namun pada Pilkada 2015, H.M Sofhian Mile dan Herwin Yatim pecah kongsi dan sama – sama maju sebagai calon Bupati Banggai. H.M Sofhian Mile yang merupakan petahana berpasangan dengan Sukri Djalumang, sementara Herwin Yatim berpasangan dengan Mustar Labolo.

Pada Pilkada 2015 ini, pasangan petahana Kembali kalah dan yang menang adalah penatang yakni Herwin Yatim – Mustar Labolo dan menjabat hingga tahun 2020.

Pada pilkada tahun 2020 ini, petahana Herwin Yatim – Mustar Labolo kembali maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai meski sebelumnya sempat di TMS kan oleh KPU Banggai.

Namun sejarah petahana selalu kalah di Banggai kembali terulang. Pasangan Herwin Yatim – Mustar Labolo yang merupakan petahan dikalahkan penantangnya yakni pasangan Amurudin – Furqanuddin Masulili.

Dengan hasil Pilkada 2020 ini, pasangan petahana di Banggai selalu kalah dari penantangnya. Ini seakan memberikan signal bahwa masyarakat Banggai sangat kritis dan suka hal – hal baru, sehingga petahana selalu kalah di Pilkada Banggai ini. RED

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *