Kondisi Jalan Nasional di Lingadan Dibersihkan Dari Lumpur

oleh -
Beginilah kondisi Jalan Nasional di Desa Lingadan setelah dibersihkan dari lumpur. FOTO : IST

TOLITOLI, SULTENGNEWS.COM – Kondisi ruas jalan nasional di Desa Lingadan, Kecamatan Dakopemean, Kabupaten Tolitoli dibersihkan dari lumpur yang disebabkan mobilisasi kendaraan truk pengangkut timbunan untuk investasi tambak udang.

“Jalan berlumpur akibat timbunan yang tumpah dari truk pengangkut timbunan galian gunung untuk tambak di Lingadan sudah dibersihkan,” ungkap Kepala Desa Lingadan, Mashuri M kepada media ini, Senin (01/03/2022).

Menurutnya, jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Tolitoli dengan Kabupaten Buol itu, berlumpur disebabkan adanya curah hujan yang cukup tinggi, sehingga air yang meluber dari arah gunung bekas galian untuk pengerjaan investasi tambak udang PT Esaputli Prakarsa Utama asal Makasar memenuhi jalan.

“Sebenarnya cuma karena curah hujan dengan intensitas tinggi, sehingga jalan itu berbecek, tapi sekarang sudah dibersihkan,” tuturnya.

Selaku pemerintah desa, dirinya telah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan tersebut agar dapat memperhatikan lingkungan terutama soal jalan yang dikeluhkan warga atau para pengendara yang melintas di jalan tersebut.

“Pihak perusahaan tetap berkomitmen membersihkan jalan itu dari lumpur, termasuk debu yang dapat menyebabkan Ispa,” jelas Kades Lingadan itu.

Sementara kordinator  Jalan Nasional wilayah Lalos-Lingadan Kabupaten Tolitoli, Hasbi mengapresiasi pihak perusahaan yang memiliki komitmen dalam menjaga kerusakan jalan yang disebabkan aktivitas galian untuk pengerjaan tambak di Desa Lingadan Kecamatan Dakopemean Kabupaten Tolitoli.

“Sebetulnya kami sudah menyurat ke pihak perusahaan tambak tersebut, dan alhamdulillah ternyata jalan yang dikeluhkan warga sudah dibersihkan demi kelancaran arus kendaraan,” tandas koordinator ruas wilayah Lalos-Lingadan.

Sebelumnya, pihak kepala satuan kerja BPJN wilayah 1 Sulawesi Tengah, Dr Andri Irfan Rifai telah melakukan teguran secara lisan kepada pihak perusahaan tambak terkait kondisi jalan akibat lumpur yang menggenangi jalan disekitar desa Lingadan.

“Kami memang pernah melakukan teguran pada tanggal 23 April bulan lalu, dan alhamdulilah ternyata sudah dibenahi,” tutupnya. RML

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *