Komisi IV DPRD Sulteng Dukung Raja Tombolotutu Jadi Pahlawan Nasional

oleh -
Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Alimuddin Paada bersama anggota Komisi IV lainnya saat memberikan tanggapan pada rapat koordinasi bersama TP2GP pengusulan Tombolotutu menjadi pahlawan nasional di Ruang Sidang Utama DPRD Sulteng, Rabu (18/8/2021). FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), mendukung penuh usulan Raja Tombolotutu menjadi pahlawan nasional dari Sulteng, karena jasa – jasanya dalam melawan penjajah dan mempersatukan rakyat Sulteng sangat luar biasa.

“Saya kira ini memang kerja panjang. Memang dukungan luar biasa dari semua teman-teman komisi, pemerintah dan dinas sosial dan kementrian dinas sosial agar Tombolotutu jadi Pahlawan Nasional,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Alimuddin Paada saat ditemui sultengnews.com di ruang rapat utama DPRD Sulteng, Rabu (18/08/2021).

Alimuddin berpendapat, jika ada kolaborasi diantara stakeholder terkait untuk melakukan upaya agar Tombolotutu menjadi pahlawan nasional, maka akan berjalan dengan baik.

“Kalau kolaborasi ini berjalan baik, saya kira pasti akan selesai termasuk dukungan dari daerah yang mengusulkan. Kalau tidak ada juga dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong saya kira ini tidak akan terlaksana,”jelasnya.

Alimuddin mengharapkan, daerah-daerah yang mengusulkan nama-nama untuk pahlawan nasional, ke depan harus memberikan dukungan dana. Sebab kata dia, jika tidak ada dukungan jelas akan mengalami kesulitan, karena pencarian dokumen pendukung pasti memerlukan dana.

“Mudah-mudahan ini kita berhasil dan satu ini menjadi contoh bagi yang lain-lain atau daerah lain yang akan mengusulkan pahlawan nasional, karena saat ini sudah ada beberapa yang diusulkan tapi masih ada yang kurang sehingga harus dilengkapi,” terangnya.

Olehnya itu, Alimuddin mengatakan, Komisi IV DPRD Sulteng akan memberikan dukungan kepada tim yang telah melakukan pengkajian, sehingga Tombolotutu layak menjadi pahlawan nasional.

“Teman-teman akademis yang bekerja dalam satu tim, akan kita dorong mereka meneliti lagi pahlawan lain yang layak. Komisi IV akan komitmen mendukung karena ini merupakan sejarah dari Sulawesi Tengah,” tandasnya.

Komisi IV Ikut Verifikasi Lapangan

Komisi IV DPRD Sulteng juga akan ikut serta turun lapangan untuk melakukan verifikasi terkait usulan Tombolotutu menjadi pahlawan nasional.

Keikutsertaan Komisi IV DPRD Sulteng, setelah mendapatkan pemaparan dari Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) bahwa Tombolotutu yang merupakan salah satu Raja yang mendiami Kabupaten Parigi Moutong layak untuk dijadikan pahlawan nasional.

“Besok (Hari ini, 19 Agustus 2021), kami dari komisi IV yakni pimpinan dan anggota akan turun ke Kabupaten Parigi Moutong untuk milahat bukti – bukti sejarah peninggalan Tombolotutu,” ujar Alimuddin Paada.

Politisi Gerindra itu mengatakan, meskipun secara umum dia telah mengetahui sosok Raja Tombolotutu. Namun sebagai dukungan, Komisi IV DPRD Sulteng akan ikut turun verifikasi lapangan.

Apalagi di Komisi IV ada beberapa anggota DPRD Sulteng yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Parigi Moutong tempat Raja Tombolotutu antara lain Ibrahim A. Hafid, I Nyoman Slamet, Rahmawati, Erwin Burase dan Wakil Ketua II DPRD Sulteng Hj Zazulmida A. Djanggola.

“Dari beberapa orang Dapil Parigi Moutong, hanya saja Ibu Zazulmida yang belum bisa ikut, karena ada tugas lain. Insya Allah kita semua akan turun,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.