Kominfo Parimo Siap Bangun 46 Tower Jaringan Telekomunikasi dan Internet di Daerah Susah Sinyal

oleh -
Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Data dan Aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Parimo, Arman Lamadau saat ditemui di kantor Dinas Kominfo Parimo. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menyiapkan pembangunan 46 tower jaringan telekomunikasi dan internet di daerah susah sinyal.

“Saat ini Kominfo (Kabupaten Parimo) sedang gencar-gencarnya melakukan upaya membangun tower-tower di wilayah susah signal,”ucap Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Data dan Aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Parimo, Arman Lamadau saat ditemui di kantor Dinas Kominfo Kabupaten Parimo, Senin (13/09/2021).

Pembangunan tower tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Kominfo Republik Indonesia (RI) yang rencanayan akan dibangun dengan ketinggian 32 kaki hingga 72 kaki di tahun 2021 sekarang.

“46 titik itu merupakan bantuan dari Kementerian Kominfo RI untuk pembangunan tower. Pembangunan tower ketinggian 32 kaki, 42 kaki, 52 kaki bahkan kemungkinan sampai 72 kaki, itu sekarang yang di kerjakan Kominfo untuk tahun 2021,”ujarnya.

Bahkan, kata Arman, di tahun 2022 mendatang, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Parimo melalui Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementrian Kominfo RI akan mengusulkan penambahan pembangunan tower.

“Insyaallah Pak Kadis di tahun 2022 nanti melalui Bakti Kementerian Kominfo untuk kembali lagi mengusulkan penambahan pembangunan tower,”katanya.

Upaya pembangunan yang akan dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Parimo, menurut Arman sebagai cara untuk peningkatan jaringan dari 2 G hingga 4 G. Sehingga, tower itu akan dibangun untuk sarana dan prasana telekomunikasi dan internet.

“Tujuannya 46 tower yang di bangun ini untuk meningkatkan kapasitas dari 2 G, 3 G hingga 4 G, jadi tower yang dibangun ini 4G jadi tower yang dibangun ini selain jadi selain untuk telekomunikasi juga untuk internet,”tandasnya.

DAERAH YANG TELAH DAPATKAN IMB TOWER MERDEKA SINYAL

Sebagai upaya pemerataan sarana dan prasarana telekomunikasi dan informasi melalui jargon “Merdeka Sinya” Kementrian Komunikasi dan Kominfo manargetkan seluruh pelosok di tanah air mendapatkan akses layanan internet.

Seperti halnya rencana peneyediaan bangunan tower sebanyak 46 tower yang diberikan Kementrian Kominfo RI kepada Dinas Kominfo Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) untuk daerah susah sinyal.

Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Data dan Aplikasi Dinas Kominfo Kabupaten Parimo, Arman Lamadau belum menyampaikan secara menyeluruh nama tempat pembangunan 46 tower tersebut, karena pihaknya masih melakukan tinjauan lapangan daerah layak mendapatkan pembangunan tower tersebut.

“Untuk daerah dimana saja saya belum bisa sampaikan secara valid, karena jika awal dibangunnya di desa A setelah tim survei turun ternyata di desa A itu sudah ada (jaringan) 4 G otomatis titik itu kita geser ke desa B,”ujar Arman Lamadau.

Meski demikian, Arman menyebut, saat ini sudah ada enam Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tower yang telah terbit. Sehingga, dari keenam IMB itu masih tersisa 40 IMB lagi.

“Sehingga belum saya sampaikan secara real desa apa semua yang dapat, tetapi yang sudah keluar IMB-nya itu baru 6 dari 46 berarti masih ada 40 lagi,”ucapnya.

Arman memastikan, enam titik lokasi yang sudah mendapatkan IMB tersebut akan segera dilakukan pembangunan tower.

“Jadi yang sudah fix di Desa Moutong Timur, Aedan Raya, Taopa Utara, Karya Mandiri, Bahari kemudian Persatuan Utara itu sudah fix tidak bisa bergeser lagi,”ungkapnya.

“Mungkin dalam waktu dekat paling tidak akhir bulan atau awal Oktober sudah mulai pekerjaannya,”lanjut Arman.

Bahkan, untuk di bulan September 2021 sekarang, kata Arman, pihaknya sedang mengupayakan sekitar sepuluh IMB lagi.

“Desa Pebounang, Silabia, Patingke, Taipa Obal, Lombok Barat (dll), ada juga daerah yang sudah mendapatkan jaringan telepon tapi (jaringan internet) belum 4 G, itu masih memenuhi syarat untuk di bangun,”terangnya.

“Jadi towernya dulu, jatah kita untuk Kabupaten Parigi Moutong itu ada 46 ditambah 4 tower induk, 50 semua itu bantuan dari Kementrian Kominfo RI melalu APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah),”sambungnya.

Arman menambahkan, setalah selesai pelaksanaan pembangunan jaringan tersebut, kemudian Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementrian Kominfo RI melaksanakan tender untuk mendapatkan penyedia layanan internet kepada pengguna.

“Setelah untuk jaringan itu, Bakti mau tender lagi di pusat baik indosat, telkomsel dan lainnya sebagai provider,”pungkasnya.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.