Ketua KPU Sulteng Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kawal Pemuktahiran Data

oleh -
Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming saat menyampaikan sambutan dalam Sosialisasi Tahapan Pemuktahiran Dan Penyusunan Daftar Pemilih. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng), Tanwir Lamaming mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal pemuktahiran data.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, sehingga nanti pada hari H, masyarakat tidak ada lagi mengeluh tidak terdaftar sebagai pemilih,” kata Tanwir Lamaming, dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemuktahiran Data Pemilih KPU Kota Palu, di Hotel Santika Palu, Rabu (15/07/2020).

Menurutnya, dalam satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak boleh ada orang yang tidak terdaftar, kalau semua elemen terlibat mengawasi. Masalahnya juga akan selesai, jangan setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pencoblosan kemudian ada komplen.

“Jangan sampai ada komplen, warga ini tidak terdaftar. Partisipan banyak tidak masuk, pertanyaannya saat pemuktahiran data kita dimana,”ujarnya.

Olehnya kata dia, jika punya niat yang bagus, maka mulai dari pemuktahiran data harus dikawal dari awal, khususnya mulai dari hilir karena basisnya di TPS, misal partai politik (Parpol) silahkan mengawal begitu pun dengan masyarakat lain untuk tetap mengawasi.

Dengan begitu, dia mengungkapkan, pada saat pengumuman DPT, bisa diketahui warga mana yang belum terdaftar, bukan setelah penetapan DPT ada komplen lagi.

Dia juga berharap, KPU Kota Palu dengan metode yang dilaksanakannya melalui sosialisasi pemuktahiran data pemilih hari ini yang sudah menghimpun seluruh elemen, untuk kemudian bisa melakukan pencermatan secara bersama-sama.

Untuk melahirkan DPT yang betul-betul berkualitas, maka masyarakat yang sudah memenuhi sebagai DPT dicatat dan yang tidak memenuhi syarat harus dicoret, sehingga hal itu bisa tercapai. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *