Ketua FKUB Sulteng : Silahkan Junjung Tinggi Kandidat Anda, Tanpa Menjatuhkan Kandidat Lain

oleh -
Ketua FKUB Sulteng, Prof.Zainal Abidin, M.Ag. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah (Sulteng), Prof Zainal Abidin M.Ag berpesan kepada seluruh masyarakat dalam perhelatan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulteng untuk silahkan menjunjung tinggi kandidat pilihannya, tanpa menjatuhkan kandidat lainnya.

“Saya dimana-mana berpidato, baik selaku Ketua FKUB Sulteng maupun Ketua MUI Kota Palu, saya meminta silahkan anda menjunjung tinggi calon anda, tetapi tidak perlu anda menjelekkan selain calon anda, itulah orang yang memiliki sikap arif dan bijaksana didalam berpolitik,” ujar Prof. Zainal Abidin M.Ag, saat diwawancarai di kediamannya, Senin (14/09/2020).

Dikatakan, dalam pilkada ini sebaiknya political identitas itu tidak perlu di kembangkan, sebab kita sudah hidup di alam demokrasi, sudah hidup di alam kebebasan, sekaligus untuk bersama-sama harus memberikan pembelajaran kepada masyarakat kita bahwa setiap individu dan warga negara memiliki hak yang sama.

Mantan Rektor IAIN Kota Palu itu menerangkan, apapun agamanya, apapun sukunya, apapun latar belakangnya, selama memenuhi syarat perundang-undangan yang berlaku di republik ini, setiap individu berhak untuk dicalonkan dan mencalonkan.

“Saya selaku Ketua FKUB Sulteng merasa kita tidak perlu lagi mengotak-atik masalah ras, suku, dan agama, kalau anda tidak suka jangan dipilih, kalau anda suka silahkan anda pilih,”terangnya.

Disebutkan, perbedaan itu merupakan sunatullah orang yang berbeda agama dan apapun perbedaan tersebut adalah ketetapan Allah, dan kemudian negara kita jelas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, artinya Indonesia adalah rumah besar seluruh umat beragama Islam.

“Jadi di rumah besar itu memiliki kamar masing-masing, ada kamar Kristen, Katolik, Protestan, termasuk ada kamar Islam, ketika kita berada di kamar kita jangan campuri kamar orang lain, tetapi ketika kita berada di ruang tamu kita adalah pemilik rumah bersama,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *