Ketua DPRD Sulteng Sarankan Tiga Strategis Penanganan Virus Corona

oleh -
Ketua DPRD Sulteng, Hj. Nilam Sari Lawira

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah, Hj.Nilam Sari Lawira menyarankan tiga hal strategis dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan penanggulangan dampak Bencana Wabah Covid 19 atau virus corona.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Sulteng melalui siaran pers yang diterima sultengnews.com, Minggu (22/03/2020).

“Saya, Nilam Sari Lawira selaku Ketua DPRD Sulteng menyarankan kepada Gubernur Sulteng untuk segera mengambil tiga langkah strategis,” kata Ketua DPRD Sulteng ini.

Pertama, mengubah fungsi Gedung Diklat milik Dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai Rumah Sakit sementara sekaligus ruang isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun pasien Positif Corona (PPC).

“Hal itu dimaksudkan untuk melakukan karantina spesifik dan memisahkan ruang interaksi antara pasien umum di rumah sakit dengan pasien terjangkit Corona,” ujarnya Ketua DPRD Sulteng.

Kedua, meminta Gubernur Sulteng segera membuka pendaftaran dan melakukan rekruitmen relawan tenaga medis bencana Virus Corona Disease (Covid-19) utamanya kampus-kampus dan sekolah-sekolah keperawatan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan bencana non alam corona.

Ketiga, meminta Gubernur Sulteng segera melakukan rapat terbatas bersama seluruh Kepala Daerah dalam rangka mengetahui kesiapan tiap-tiap daerah dalam menghadapi bencana wabah Covid 19.

“Tiga hal ini menjadi penting dilakukan guna meminimalisir dampak negatif dan meningkatkan kewaspadaan dini pada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Kebijakan strategis ini kata Ketua DPRD Sulteng, sekaligus bertujuan memberikan gambaran kepastian dan penanganan yang lebih maksimal bagi perlindungan masyarakat Sulawesi Tengah dari dampak Bencana Wabah Covid 19.

“Sekaligus memberikan rasa ketenangan pada masyarakat bahwa Pemerintah Sulawesi Tengah akan melakukan segala cara yang terbaik untuk memastikan keselamatan warganya,”tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *