Ketua DPRD Sulteng Definitif Resmi Dilantik dan Diambil Sumpahnya

oleh -

Prosesi Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sulteng oleh ketua Pengadilan Tinggi Sulteng, Dr. Mochamad Djoko, SH, M.Hum di ruang utama DPRD Sulteng, Rabu (16/9/2019). FOTO : MAHFUL/SN

PALU, SULTENGNEWS.com – Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) definitif resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh ketua Pengadilan Tinggi (PT) Sulteng, Dr. Mochamad Djoko, SH, M.Hum di ruang utama DPRD Sulteng, Rabu (16/9/2019).

Pimpinan DPRD Sulteng yang dilantik yakni Hj. Nilam Sari Lawira dari Partai Nasdem sebagai Ketua DPRD, H.M Arus Abdul Karim dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua I, Hj. Zalzulmida A. Djanggola dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua II dan H. Muharram Nurdin dari PDIP sebagai Wakil Ketua III.

Empat Pimpinan DPRD Sulteng saat pelantikan yakni Hj. Nilam Sari Lawira, H.M Arus Abdul Karim, Hj. Zalzulmida A. Djanggola, H. Muharram Nurdin. FOTO : MAHFUL/SN

Pelantikan pimpinan DPRD Sulteng dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, dipimpin ketua sementara Hj. Nilam Sari Laira dari Partai Nasdem didampingi wakil pimpinan sementara Yus Mangun dari Partai Golkar.

Pelantikan diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) pimpinan DPRD Sulteng devenitif dari Menteri Dalam Negeri oleh Sekretaris Dewan (Sekwan). Selanjutnya, keempat pimpinan dewan diambil sumpahnya oleh ketua Pengadilan Tinggi Sulteng dan didampingi rohaniawan.

Hadir dalam pelantikan itu Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg. Palabbi, para kepala dinas, ketua-ketua partai politik, tokoh masyarakat, serta para undangan lainnya.

Usai pengambilan sumpah, ketua DPRD Sulteng Hj. Nilam Sari Lawira bersama tiga wakil ketua mengambil tempat pimpinan. Ketua DPRD langsung memimpin sidang sebagai ketua devenitif.

Dalam kesempatan itu, Hj. Nilam Sari Lawira mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sulteng yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai wakil rakyat periode 2019 – 2024. Nilam juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Nasdem yang telah menunjuk dirinya sebagai ketua DPRD Sulteng.

“Tangan saya akan selalu terbuka kepada semua masyarakat Sulteng, karena kehormatan yang saya dapatkan ini, juga dari masyarakat Sulteng,” katanya.

Nilam mengaku, dalam waktu dekat agenda DPRD yang mendesak untuk segera dilaksanakan adalah pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti pembentukan komisi, badan musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK), badan urusan rumah tangga (BURT) dewan, serta AKD lainnya.

Empat Pimpinan DPRD Sulteng usai pelantikan dan pengambilan sumpah langsung mengambil posisi di depan ruang sidang. FOTO : MAHFUL/SN

Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Rusli Dg. Palabbi yang mewakili gubernur dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada ketua dan wakil ketua DPRD Sulteng yang telah resmi dilantik.

Pimpinan DPRD kata Wagub, adalah kreator yang akan menginisiasi inovasi-inovasi guna meningkatkan kinerja lembaga DPRD dengan memaksimalkan semua alat kelengkapan dewan secara efektif dan efisien.

“Olehnya karena itu, saya menitip harapan kiranya sudara dapat membangun komunikasi yang baik dengan para anggota agar mampu mempercepat tugas-tugas pelayanan DPRD supaya tidak ada yang menumpuk dan juga bersinargi dengan gubernur serta para pimpinan lembaga lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Wagub.

Usai sambutan Wagub, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpa ketua dan wakil ketua DPRD Sulteng ditutup secara resmi oleh ketua DPRD Sulteng definitif. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *