Ketua Dewan Masjid Kota Palu : Membangunkan Orang Dengan Pengeras Suara itu Baik

oleh -
Ketua Dewan Masjid Kota Palu, M. Iqbal andi Magga, SH, MH bersama Sekjen DPP Demokrat, Teuku Rifki. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM- Ketua Dewan Masjid Kota Palu, M. Iqbal andi Magga, SH, MH menganggap membangunkan orang sahur melalui pengeras suara berasal dari Masjid merupakan hal yang baik.

“Menurut saya sesuatu yang baik. Itu menggambarkan suasana Ramadhan yang benar benar hanya ada di bulan Ramadhan,”ujar Iqbal andi Magga kepada sultengnews, Senin (26/04/2021).

Mantan Ketua DPRD Kota Palu itu menyebut, membangunkan orang sahur sebahagian dari dakwah yang dilakukan oleh Mesjid kepada jamaahnya.

Mestinya, kata dia, masyarakat bersyukur ada yang mengingatkan waktu sahur dan waktu imsak.

“Soal volumenya yang dianggap keras atau tinggi itu sebenarnya tidak mengganggu kalau cara menanggapi ajakan sahur atau pemberitahuan imsak itu ditanggapi dengan niat baik dan positif,”sebutnya.

Menurut Ikbal, berbeda bagi yang tidak melaksanakan puasa mungkin menganggap berisik. Dirinya pun menghimbau kepada yang tidak berpuasa atau ummat lain yang tidak berpuasa dibulan Ramadhan agar melihat persoalan ini sebagai hal yang lumrah karena hanya terjadi dibulan Ramadhan.

“Bulan Ramadhan ini harus juga ummat Islam memperlihatkan semangatnya dalam beribadah. Dan salah satu indikator semangat berpuasa itu adalah dengan kebahagiaan mendapat kabar sahur dan kabar imsak melalui Masjid,”terangnya.

Bahkan, Ikbal mengungkapkan, dahulu ada lomba lomba suara membangunkan ummat utk sahur dan mengingatkan waktu imsak. Bahkan, kata dia, institusi kepolisian RI dulu berkeliling kampung kampung membunyikan sirene pertanda sahur.

“Saya kira itu hal yang baik dan tidak perlu dijadikan perdebatan. Saya jadi aneh juga menanggapi orang protes terhadap kebiasaan ummat yang mayoritas di negeri ini. Seharusnya kebiasaan yang baik dibulan yang baik harus disambut suka cita,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *