Ketua Baleg DPR-RI Bersama Tim Kunker ke Sulteng

oleh -
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Dr. Supratman Andi Agtas saat melakukan kunjungan kerja bersama Anggota Tim Legislasi lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam rangka penyusunan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Tahun 2022 dan Harmonisasi RUU tentang Energi Baru dan Terbarukan, pada Senin (27/09/2021). FOTO : HUMPRO DPRD SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Dr. Supratman Andi Agtas melakukan kunjungan kerja bersama Anggota Tim Legislasi lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam rangka penyusunan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) RUU Tahun 2022 dan Harmonisasi RUU tentang Energi Baru dan Terbarukan, pada Senin (27/09/2021).

Kunjungan Kerja Ketua Badan Legislasi Nasional ini, dihadiri Wakil Gubernur Provinsi Sulteng Drs.Ma’mun Amir serta Anggota DPRD Sulteng, Huisman Brant Toripalu, SH sebagai perwakilan Pimpinan DPRD Provinsi Sulteng.

Kegiatan ini juga dihadiri unsur Forkopimda Provinsi Sulteng yakni Polda Sulteng, Korem 132/Tadulako, Wakajati Sulteng, Civitas Akademika Untad, Direktur PT. PLN (Persero) dan beberapa instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Baleg DPR-RI, Dr. Supratman Andi Agtas, menyampaikan, bahwa dalam rangka melaksanakan fungsi legislasi, DPR-RI merupakan pemegang kekuasaan dalam pembentukan peraturan perundangan-undangan sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011.

“Karena tahapan perencanaan pembentukan undang-undang ini, dilakukan dalam suatu instrumen perencanaan yang disebut dengan Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Namun saat ini, Badan Legislasi juga melakukan pengharmonisasi, pembulatan dan pemantapan konsepsi atas rancangan undang-undang tentang Energi Baru dan Terbarukan,”ujarnya.

“Kerena Energi Baru dan Terbarukan, merupakan Sumber Daya Alam Strategis yang diluar Energi Fosil yang dimana semakin terbatas jumlahnya. Maka daripada itu, dengan adanya Energi Baru dan Terbarukan ini, kita harus dapat mengelolah dan memanfaatkan sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat, sebagai mana yang diamanatkan dalam Pasal 33 UUD RI Tahun 1945,” lanjut Supratman Andi Agtas.

Politisi dari Partai Gerindra ini menerangkan, dimana sumber energi baru dan terbarukan ini tersedia dan melimpah di Indonesia serta belum dikelolah dan dimanfaatkan secara optimal, sehingga pengembangan dan pemanfaatannya perlu ditingkatkan untuk menjamin peningkatan kemandirian energi nasional secara berkalanjutan dan berwawasan lingkungan.

Menurutnya, peningkatan pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan tersebut juga diarahkan untuk upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global serta mendukung produk industry dalam negeri yang berdaya saing tinggi untuk mendorong peningkatan eksport produk hijau nasional.

Gubernur Provinsi Sulteng dalam hal ini yang diwakili Wakil Gubernur Provinsi Sulteng , Drs.Ma’mun Amir menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Tim Badan Legislasi Nasional (BALEGNAS) DPR-RI yang telah melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulteng terkait pelaksanaan penyusunan Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2022 dan Harmonisasi RUU Tentang Energi Baru dan Terbarukan.

“Dan semoga kunjungan kerja ini dapat memberikan spirit bagi peningkatan kinerja bagi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah didalam berbagai aktifitas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan demi terwujudnya Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera, dan lebih maju,”tutupnya. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.