Kepsek SDN Poboya Peringkat 2 Tingkat Nasional

oleh -
Kepsek SDN Poboya terima penghargaan tingkat nasional dengan meraih 2 besar sebagai Kepsek Inspiratif. FOTO : IST

Hasil Sebuah Tekad Yang Kuat, Ulet, Disiplin dan Terus Belajar
PALU, SULTENGNEWS.COM – Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Poboya mendapatkan penghargaan dengan meraih 2 besar skala nasional sebagai Kepala Sekolah Dasar Inspiratif Tahun 2021 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pusat beberapa waktu lalu.
Raihan prestasi 2 besar tingkat nasional ini tidak lain merupakan bagian dari upaya sebuah tekat yang kuat, sebuah ketekunan, kedisiplinan, dan tidak pernah berhenti untuk berkata terus dan terus belajar hingga memperoleh sesuatu yang diharapkan.


Kepsek SDN Poboya Dadang Rahman Sidiq, dalam mengikuti kompetisi sebagai Kepala Sekolah Dasar Inspiratif tahun ini yang dilaksanakan oleh Kemendikbud pusat, banyak hal yang harus dilalui diantaranya dengan menyiapkan seluruh dokumen persyaratan yang diminta oleh pusat.
Diantaranya yakni dokumen tugas belajar, best practice, video practik, serta dokumen-dokumen lainnya. Dari hasil verifikasi oleh tim pusat, pertengahan bulan November lalu, Kepsek SDN Poboya masuk sebagai kategori 20 besar Kepala Sekolah Dasar yang inspiratif untuk berjuang kembali memperoleh 5 besar skala nasional.
“Alhamdulillah setelah saya berjuang kembali, mengikuti kompetisi dan bersaing dengan 20 besar dari seluruh daerah yang masuk, saya atas izin Allah SWT masuk sebagai kategori Kepala Sekolah Dasar Inspiratif 5 besar dan menempati sebagai peringkat kedua dari 5 besar. Ini sesuatu yang diluar dugaan saya bisa bersaing dengan ribuan Kepala Sekolah Inspiratif yang ada di seluruh daerah Indonesia,” kata Dadang kepada SultengNEws.com, Senin (29/11/2021).
“Untuk memperebutkan 5 terbaik ada uji kompetensi yang harus dilalui diantaranya dengan mempersentasikan seluruh program Kepsek Inpiratif masing-masing. Dan Alhamdulillah diluar dugaan, dengan saya membawakan budaya tanah kaili, dengan persentasi program unggulan dengan judulnya, Karya Dan Prestasi SDN Poboya di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas untuk Mengatasi Learning loss atau Putus Sekolah bagi anak-anak SDN Poboya,” sambung Dadang.
Menurutnya, untuk menjadi kepala sekolah yang inspiratif dibutuhkan kerja keras, tulus, ulet, kemauan yang besar, disiplin, serta tidak lupa dengan terus memotivasi diri agar bisa memperoleh apa yang sedang digapai dalam suatu tujuan tersebut.
Namun hal ini pula tidak terlepas dari dorongan seluruh pihak, baik keluarga kecil, keluarga SDN Poboya baik siswa maupun para guru, masyarakat kota Palu, pemerintah daerah serta masyarakat Sulawesi Tengah.
“Perjuangan untuk meraih 5 besar tingkat nasional tahun ini yang diadakan oleh Kemendikbud bukan hal dianggap mudah karena banyak sekali yang harus dilewati. Apalagi tahun-tahun sebelumnya saya pernah mengikuti kompetisi sebagai guru inspiratif tahun 2016 lalu dan hanya tembus di peringkat 20 besar,” ujarnya.
“Di hari guru, saya mewakili masyarakat Sulawesi Tengah, Kepala Sekolah Dasar yang ada di Sulawesi Tengah, satu-satunya Kepala Sekolah Dasar, sangat bangga sekali, karena berangkat dari ketekunan yang kuat, keuletan, kedisplinan, terus belajar dan tidak pernah berhenti untuk belajar, bisa meraih 5 besar skala nasional,” tambah Dadang.
Dengan melihat raihan prestasi sebagai kepala Sekolah Dasar Inspiratif tahun ini, tetap berpesan kepada diri sendiri, kepada keluarga kecilku, keluarga besar SDN Poboya, masyarakat Kota Palu khususnya dan masyarakat Sulawesi Tengah, pendidikan Indonesia, agar senantiasa tetap bersemangat, tidak ada rasa untuk berhenti dengan kata “belajar”.
“Semoga ini menjadi inspiratif buat kaula muda, pemimpin sekolah dan guru-guru yang ada di lingkup wilayah Sulawesi Tengah, semoga apa yang saya raih ini bisa memacu dan menjadi inspiratif bagi mereka. Tetap belajar dan menjadi pembelajar,” tutup Dadang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.